Mohon tunggu...
suwarti
suwarti Mohon Tunggu... Guru - guru

awali segala sesuatu dengan bismillah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dalam Menumbuhkan Minat dan Kreatifitas Membatik melalui Kegiatan "Ecoprint"

6 Desember 2023   13:21 Diperbarui: 6 Desember 2023   13:22 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan fisik motorik pada anak usia dini berkembang sangat pesat .Oleh karena itu harus diberikan stimulus yang tepat agar dapat mencapai perkembangan yang optimal. Tak dapat dipungkiri bahwa ketrampilan motorik halus yang dimiliki setiap anak berbeda-beda, baik dalam hal kekuatan, kelincahan maupun ketepatannya. Perbedaan ketrampilan motorik halus ini dipengaruhi oleh pembawaan anak dan stimulasi yang didapatkan anak di rumah maupun di lingkungan sekolah. Lingkungan sekitar anak mempunyai pengaruh yang lebih besar dalam kemampuan motorik halus. Gerakan motorik halus hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang tepat. Oleh sebab itu diperlukan peran orang tua maupun guru di lembaga PAUD untuk bekerja sama dalam mengoptimalkan perkembangan motorik halus anak sehingga berkembang optimal seperti yang diharapkan guna mempersiapan anak dalam kegiatan membatik.

Berdasarkan pengamatan di TK Islami Kids Kelompok B (5-6 tahun) masih terdapat 7 anak yang belum optimal perkembangan motorik halusnya terutama dalam minat dan kreatifitas membatik masih rendah. Kondisi ini terlihat ketika kegiatan membatik anak sering berkata bosan membatik, tugas anak tidak tuntas, kreatifitas anak belum muncul cenderung tidak mau mengerjakan LKPD membatik mandirinya dan tujuan pembelajaranpun belum tercapai. Dari hasil literasi dan  wawancara yang telah dilakukan di dapat beberapa analisis eksplorasi penyebab masalah yaitu karena kurangnya guru menggunakan media yang menarik dalam mengajarkan anak membatik, guru membatasi kreatifitas anak karena menyediakan pola dalam membatik dan anak hanya menebali pola saja hal ini membuat ruang gerak anak dan kreatifitasnya terbatasi, anak tidak dapat menyalurkan idenya dalam mengembangkan kemampuan kreatifitasnya sehingga anak cenderung meniru,kurang percaya diri dengan hasil karyanya dan takut ketika melakukan sesuatu, kurangnya inovasi guru dalam memilih kegiatan membatik yang dapat menarik minat anak. Dari eksplorasi penyebab masalah di atas dapat diambil akar penyebab masalah rendahnya minat dan kreatifitas anak dalam membatik yaitu karena media yang digunakan oleh guru monoton hanya berupa LKPD sehingga anak merasa bosan dan kurang tertarik pada kegiatan ini, dan kreatifitas anak belum muncul karena guru membatasi ruang gerak anak untuk berkreasi dan menyalurkan ide/gagasan.  

Tantangan -- tantangan yang muncul pada saat proses pembelajaran yaitu kurang banyaknya bahan alam yang disediakan oleh guru,kurangnya media tote bag karena anak ingin mencoba lebih banyak,kurangnya membarikan kesempatan pada anak dalam membawa bahan alam,kurang hati-hatinya anak dalam mempounding.

Dari akar penyebab masalah rendahnya minat dan kreatifitas anak dalam membatik di dapat beberapa alternatif solusi namun yang paling sesuai dengan kondisi yang ada yaitu penggunaan media yang monoton dan kurang menarik minat anak sehingga anak menjadi bosan dan kurang bersemangat serta kreatifitas anak belum muncul dalam kegiatan membatik.

Berdasarkan uraian di atas tertarik untuk meneliti mengenai "Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus anak dalam Menumbuhkan Minat dan Kreatifitas Membatik Melalui Kegiatan Membatik dengan Tehnik Ecoprint." Melalui membatik Ecoprint ini diharapkan anak mampu menciptakan sebuah hasil karya yang menarik dengan berbagai motif daun dan bunga yang mana anak bebas berkreasi menuangkan ide dan memilih daun dan bunga yang diinginkan. Selain itu membatik ecoprint belum pernah digunakan sehingga merupakan inovasi baru dengan bahan dari alam yang aman tentunya menarik untuk anak.

Tujuan

Tujuan dari penyusunan RTL ini adalah untuk membentuk dan meningkatkan kompetensi guru dalam bidang kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan teknologi, diantaranya:

Menstimulasi minat anak dalam kegiatan membatik

Menumbuhkan kreatifitas anak dalam kegiatan membatik

Mencari inovasi pada kegiatan membatik

Manfaat

Manfaat  untuk anak yaitu:

  • Anak lebih senang dengan kegiatan membatik
  • Anak lebih bebas berkreasi dalam menuangkan ide-idenya
  • Anak mempunyai kebebasan dalam memilih bahan-bahan untuk membatik
  • Bahan -- bahan dari alam sangat aman untuk anak
  • Manfaat untuk guru:
  • Tujuan pembelajaran tercapai
  • Sebagai bahan pertimbangan menjalankan suatu program untuk mengembangkan kreatifitas anak dalam kegiatan membatik

Pembahasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun