Mohon tunggu...
Sutriani
Sutriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana IAIN Pare-Pare

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Model Pembelajaran Paikem dan Langkah-langkah Penerapannya dalam Pembelajaran

10 Desember 2023   15:22 Diperbarui: 14 Desember 2023   06:55 676
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Pendidikan merupakan tiang pokok suatu negara, oleh karena itu untuk memajukan pendidikan di suatu negara perlu dilakukan sebuah perubahan dalam pendidikannya. salah cara untuk meningkatkan pendidikan adalah memilih model pembelajaran yang tepat agar peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan proses pembelajaran. Peserta didik harus mampu mengeksplor dirinya dan aktif serta paham akan pembelajaran. Dalam hal ini, penulis akan memberikan informasi tentang pengertian model paikem dan langkah-langkahnya agar pendidik dapat mengaplikasikan dalam proses pembelajaran

Kata Kunci : Pendidikan, Pembelajaran, Peserta didik, Model Pembelajaran dan Paikem

Pembahasan 

Model pembelajaran PAIKEM adalah sebuah model pembelajaran yang menjadikan peserta didik melakukan kegiatan yang bermacam-macam dalam proses pembelajaran, hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan serta mengajak peserta didik agar mampu bekerja sama dengan peserta didik lainnya. Model pembelajaran ini, bertujuan untukmelatih peserta didik untuk berfikir kritis, dapat memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan berasumsi tentang sesuatu hal yang bersifat ilmiah. Berikut langkah penerapan model PAIKEM dalam pembelajaran :

1. Langkah  pertama yaitu Pendahuluan atau persiapan 

  • Peserta didik dengan mengucapkan salam
  • Membaca doa sebelum belajar bersama-sama oleh pendidik
  • Pendidik akan mengabsen kehadiran peserta didik
  • Menjelaskan judul pelajaran sekarang dan mengaitkannya dengan pembelajaran sebelumnya
  • Guru Memberikan motivasi kepada peserta didik
  • Menjelaskan tujuan apa saja yang akan dicapai dalam pembelajaran.

2. Langkah kedua yakni pendidik mempresentasikan materi 

  • Pendidik akan mempresentasikani konsep-konsep yang harus dikuasai oleh peserta didik
  • Pendidik akan mempresentasikan media sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam prosesn pembelajaran. Pendidik sebaiknya menggunakan media yang menarik agar peserta didik semangat serta tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Contohnya, media pembelajaran audio visual dengan menayangkan video pendek tentang materi perjuangan dakwah nabi Muhammad Saw. Jadi pada langkah ini, siswa akan diajak untuk menggunakan indera penglihatan dan pendengarannya untuk menangkap materi pada video pendek tersebut.

3. Langkah ketiga yakni pendidik membimbing kelompok belajar 

  • Setelah peserta didik menonton video pendek pada tahap kedua, maka  Pendidik akan membagi siswa dengan dengan beberapa kelompok.
  •  Memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS adalah media pembelajaran yang dipergunakan oleh institusi pendidikan sebagai alat bantu peserta didik untuk belajar dan berlatih. Buku ini biasanya berisi Ini bisa pertanyaan, tugas atau latihan yang harus dikerjakan siswa sebagai bagian dari pembelajaran mereka. Media ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa yang dituangkan di dalam tulisan
  • Pendidik akan memberikan bimbingan kepada kelompok belajar yang membutuhkan bantuan. Jadi, dalam model pembelajaran PAIKEM ini Pendidik bukan hanya sebagai pendorong dalam pembelajaran akan tetapi bertugas pula sebagai pendorong dan garda terdepan untuk peserta didik yang butuh bimbingan.
  • Setelah melakukan proses diskusi dengan kelompoknya masing-masing,  maka setiap kelompok akan mengumpulkan hasil kerjanya sesuai dengan LKS yang diberikan oleh pendidik

4. Langkah keempat yakni memberikan pemahaman dan umpan balik :

  • Pendidik akan memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mempersentasikan hasil kerjanya sesuai dengan media LKS dan hasil dari diskusi mereka. Presentasi kelompok memiliki berbagai fungsi diantaranya membuat peserta didik dapat saling  berbagi informasi, pengetahuan atau hasil temuan mereka kepada peserta didik lainnya, Presentasi kelompok dapat menambah kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) dan dapat mengasah kemampuan bekerja sama dengan orang lain.
  • Setelah presentasi selesai, peserta didik yang berfungsi sebagai audiens dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi. Mereka dapat berbagai pendapat, ide ataupun pemikiran
  • Pendidik memberikan arahan dan konfirmasi serta pemahaman yang lebih mendalam terhadap hasil kerja peserta didik

5. Langkah kelima yakni pengembangan dan penerapan

  • Pendidik membimbing peserta didik menyimpulkan seluruh materi pembelajaran yang telah dipelajari baik itu dari proses persentasi maupun penjelasan dari pendidik.
  • Pendidik memberikan tugas rumah kepada peserta didik. Tugas rumah dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengulang pembelajaran di kelas dan mengembangkan keterampilan pembelajaran secara mandiri.

6. Langkah keenam yakni menganalisis dan mengevaluasi

  • Pendidik akan melakukan refleksi yakni siswa dapat memberikan tanggapan terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.
  • Pendidik akan melakukan  evaluasi pembelajaran, misalnya dengan melakukan game, tes secara lisan maupun tulisan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun