Mohon tunggu...
Sutomo Paguci
Sutomo Paguci Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat

Advokat, berdomisili di Kota Padang, Sumatera Barat | Hobi mendaki gunung | Wajib izin untuk setiap copy atau penayangan ulang artikel saya di blog atau web portal | Video dokumentasi petualangan saya di sini https://www.youtube.com/@sutomopaguci

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Data Kartu Halo Berkurang Padahal Tak Dipakai

16 September 2017   12:04 Diperbarui: 16 September 2017   12:29 1472
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Telkomsel/KartuHalo)

Padang (16/9/2017) - Tiga hari terakhir tiap sekitar dua atau tiga kali sehari pihak Telkomsel mengirimi SMS pemberitahuan sisa data kouta Paket Flash. Biasanya tidak sesering itu. 

Awalnya, saya tidak begitu perhatian. Namun setelah diperhatikan, khusus dua hari terakhir, jumlah sisa data kartu Halo sesuai SMS tersebut kok terus berkurang dari waktu ke waktu, padahal saya merasa tidak menggunakan layanan data.

Di aplikasi MyTelkomsel Android juga tunjukkan terus berkurang (dokpri)
Di aplikasi MyTelkomsel Android juga tunjukkan terus berkurang (dokpri)
Layanan data di hape yang dipasangi kartu Halo itu sengaja saya matikan belakangan ini. Khususnya dua hari terakhir. Namun yang mengherankan, jumlah data Paket Flash yang tersisa terus berkurang. Jika dilihat pengurangan data di aplikasi MyTelkomsel android malah lebih parah. Ada apa ya?

Jumlah pengurangan data sih tidak seberapa, sekitar 1,25 MB per hari. Namun siapa tahu kejadian serupa menimpa pengguna kartu Halo lainnya atau konsumen Telkomsel secara umum, tanpa disadari. Jumlah totalnya, andai kejadian ini merata, bisa cukup signifikan.

Salah satu contoh SMS nya (dokpri)
Salah satu contoh SMS nya (dokpri)
Kouta Paket Data Flash kartu Halo ini sebenarnya bonus tiap bulan. Kadang-kadang saya gunakan disaat tidak terhubung dengan wifi, misalnya di perjalanan, di gunung dll. Tapi tidak dua hari terakhir.

Khusus dua hari terakhir saya merasa sama sekali tidak mengaktifkan data di telepon genggam berkartu Halo, namun jumlah sisa data terus berkurang. Apakah ada pencurian data wallahu 'alam. Saya sudah coba laporkan dan hubungi pihak Telkomsel kartu Halo ke akun Twitter resminya, namun responnya belum memecahkan masalah ini.

Berbeda halnya bila menu pengaktifan data di layar hp diaktifkan, sangat mungkin ada applikasi yang terus aktif berjalan di belakang layar dan ini menyedot data. Akan tetapi, dalam kasus ini, menu pengaktifan data di layar hp sama sekali tidak dihidupkan. Artinya, sama sekali tidak ada data berjalan di hp.

Belum ada respon (dokpri)
Belum ada respon (dokpri)
Barangkali pihak Telkomsel bisa menelusuri hal ini di sistemnya, apa yang sesungguhnya terjadi, apakah ada pergerakan mencurigakan, pencurian data konsumen, atau penyusupan oleh pihak ketiga atau apa.

Atau, mungkin pula, ada penjelasan yang rasional mengapa jumlah data terus berkurang sekalipun konsumen tidak menggunakannya. Siapa tahu pihak Telkomsel atau sidang pembaca yang budiman memiliki jawaban dalam hal ini.(*)

SUTOMO PAGUCI 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun