Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Catatan Artikel Utama

Inovasi Digital di Bisnis Asuransi

22 April 2015   20:30 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:47 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JagaDiri sebagai perusahaan asuransi jiwa yang tergolong baru termasuk nekad memasuki bisnis yang sudah dikuasai oleh raksasa bisnis asuransi mancanegara. Kalau diibaratkan seperti Gulliver seorang manusia normal yang tersesat di negara yang penghuninya raksasa.

[caption id="attachment_379722" align="aligncenter" width="300" caption="Ilustrasi Asuransi"][/caption]

Agar dapat mencuri pasar yang sudah didominasi pemain lama yang sangat menguasai pasar, maka JagaDiri perlu memiliki diferensiasi yang menonjol. Untungnya JagaDiri adalah anak perusahaan dari Salim Grup sehingga memiliki kekuatan finansial tersendiri, apalagi sudah memiliki dukungan pengalaman mengelola asuransi dari ACA (Asuransi Central Asia) yang konon memegang 40% saham JagaDiri dan Asuransi Jiwa Central Asia Raya (CAR).

Rupanya blog competition dengan tajuk "berat asuransi" yang diselenggarakan oleh Kompasiana disimak dengan serius oleh jajaran manajemen JagaDiri, sehingga dapat mengetahui pokok masalah kesulitan menjual polis asuransi. Selain belum meratanya edukasi ke masyrakat mengenai manfaat asuransi, masih ada stigma negatif di benak sebagian masyarakat seperti ikut asuransi sama saja dengan uang hilang, belinya sulit klaimnya juga sulit serta rasa percaya diri yang sangat kuat di segmen usia muda : saya masih muda, sehat tidak pernah sakit, mana mungkin meninggal.

Kendala-kendala ini dipelajari dengan serius oleh manajemen JagaDiri, sehingga akhirnya mampu menciptakan diferensiasi yang sekaligus menjawab semua persoalan yang menggantung di benak masyarakat.

Kekhawatiran uang hilang dijawab dengan langkah manis dan tajam,  setiap tiga tahun usia polis asuransi, baik ada klaim atau tidak, akan ada pengembalian 50 persen premi yang sudah dibayarkan. Pemegang polis asuransi JagaDiri masih dimanjakan dengan mendapatkan tiket cuma-Cuma Nonton Bareng tiap bulan dan mendapatkan voucher diskon merchandising. Koq bisa? Dananya dari mana ? Bedah kasus asuransi pada acara Nangkring Kompasiana Sabtu 18 April 2015 membuka mata para bloggers, bahwa ternyata asuransi konvensional terlalu banyak menghamburkan dana untuk membayar komisi Agen dan memanjakan Agen dengan program jalan-jalan ke luar negeri. JagaDiri tidak mau menggunakan jasa Agen, jadi dapat memangkas biaya komisi Agen dan biaya jalan-jalan, dengan cara mengembalikan 50% premi pada setiap tiga tahun usia polis dan memberikan tiket nonton serta voucher diskon lainnya. Selain memangkas komisi Agen, JagaDiri juga memangkas komisi lembaga keuangan seperti Bank, yang sering bekerja sama dengan asuransi konvensional. Preposisi ini yang disebut sebagai “Best Transparent Price”, atau harga premi asuransi yang paling transparan.

Kekhawatiran bahwa proses asuransi itu ribet karena harus diawali dengan presentasi agen, lalu klaim baru berlaku bila formulir kepesertaan yang sudah ditanda tangani peserta asuransi dan pembayaran premi pertama sudah diterima oleh pihak asuransi. Dengan memanfaatkan inovasi digital, berasuransi jadi mudah dan menyenangkan. Preposisi ini yang disebut sebagai “Instant Protection”, atau dengan klik menyetujui bergabung, membayar premi asuransi, maka langsung peserta asuransi akan terlindungi.

Untuk mengikuti asuransi JagaDiri, persyaratan juga tidak terlalu ribet, tidak perlu melakukan check-up kesehatan, bahkan penderita HIV/AIDS bisa menjadi peserta asuransi, tidak ada pertanyaan merokok atau tidak, hanya ada batasan usia dari 0-65 tahun. Persyaratan yang diterapkan oleh JagaDiri kepada peserta asuransi hanyalah dalam 30 hari pertama sejak bergabung tidak boleh klaim, dan ada 17 penyakit yang dikecualikan untuk satu tahun pertama.

Koq bisa? Belajar dari pengalaman meroketnya bisnis e-commerce di dunia, yang dikuasai oleh fashion (70%), tiket transportasi dan hotel, membuat JagaDiri memanfaatkan kecanggihan ICT. Jadi membeli polis asuransi tidak perlu Agen lagi, semua tentang asuransi dapat dipelajari dari situs JagaDiri, mau bertanya Customer Service yang trampil juga telah disiapkan selain FAQ yang telah disediakan. Jika semuanya sekarang serba instant, maka berasuransipun juga perlu konsep instant. JagaDiri mengklaim dalam waktu enam menit, polis sudah akan dikirimkan melalui e-mail peserta asuransi, sehingga proteksi perlindungan langsung aktif. Dengan bukti pasar e-commerce makin besar dari tahun ke tahun, jumlah pengguna internet makin banyak, serta sudah banyaknya pengguna transaksi on-line, maka JagaDiri yakin akan mampu mengambil ceruk pasar yang cukup memadai.

Kekhawatiran bahwa melakukan klaim asuransi itu ribet, dijawab dengan memberikan jaminan bila dalam waktu 14 hari klaim asuransi belum ada kabar, klaim akan langsung dibayar. Jadi, preposisi ini disebut “Claim Certainty Process” atau jaminan klaim langsung cair bila dalam waktu 14 hari tidak ada kabar. Metode ini mengambil dari sukses Pizza Hut Delivery yang memberikan jaminan bila pizza yang dipesan tidak tiba di tempat pemesan dalam waktu 30 menit, maka pemesan akan mendapatkan  1 pizza gratis.

Sebagai perusahaan asuransi dalam negeri, JagaDiri juga ingin menguji rasa nasionalisme masyarakat Indonesia agar lebih mempercayai perlindungan yang dilakukan oleh perusahaan nasional, dan bukannya minta perlindungan dari perusahaan asing, yang akhirnya membuat industri asuransi dikuasai oleh perusahaan asing.

Produk Asuransi JagaDiri

Sebagai perusahaan asuransi baru, JagaDiri saat ini baru memiliki dua produk asuransi, yaitu JagaJiwa yang merupakan asuransi jiwa dan JagaSehat Plus yang merupakan Asuransi Kesehatan. Produk ke tiga akan diluncurkan pada tanggal 28 April 2015 yaitu JagaAman Instant yang merupakan asuransi kecelakaan.

Saat ini JagaDiri masih mengharapkan pembayaran premi dilakukan melalui kartu kredit, dengan tujuan agar perlindungan tidak pernah terhenti, karena dengan kartu kredit pembayaran dapat di debet langsung. Berbeda dengan pembayaran melalui transfer, karena peserta dapat lupa, sehingga perlindungan dapat terganggu. Meski demikian, guna mengantisipasi peserta yang tidak memiliki kartu kredit, maka masih dapat melakukan pembayaran melalui transfer ke virtual account. Pada produk ke tiga, bahkan sudah menerapkan pembayaran dengan e-money. Pembayaran dapat dilakukan dua cara, tahunan atau bulanan.

Asuransi kescelakaan dibidik karena berdasarkan studi kecelakaan sering terjadi yang sebanyak 57.6% penyebab kecelakaan adalah stress / banyak pikiran / hilangnya konsentrasi, kelelahan / mengantuk dan minum alkohol. Untuk perlindungan selama tiga jam, JagaDiri hanya akan mengenakan premi asuransi sebesar lima ribu rupiah, setara dengan uang parkir saat ini. Agar ahli waris mengetahui, maka Customer Service JagaDiri akan memberitahukan melalui telepon kepada ahli waris.

[caption id="attachment_379721" align="aligncenter" width="300" caption="Jaga Sehat Plus (sumber : JagaDiri)"]

14297090741805617293
14297090741805617293
[/caption]

Untuk Asuransi Kesehatan, JagaDiri malah menyarankan untuk mengkombinasikan dengan BPJS Kesehatan. Gunakan BPJS Kesehatan untuk manfaat penyakit kritis seperti kanker dan cuci darah, sedangkan gunakan JagaSehat Plus untuk penyakit yang datangnya tiba-tiba seperti deman berdarah, Anda tidak perlu antre dulu ke BPJS, tapi gunakan proteksi dari asuransi kesehatan yang Anda miliki. Untuk asuransi kesehatan, premi asuransi mulai dari enam puluh ribu rupiah.

Anda tertarik setelah membaca tulisan ini dan ingin bergabung ? Mudah sekali caranya, lakukan tiga langkah berikut ini :

1.Simulasi premi, isikan tanggal lahir, jenis kelamin, uang pertanggungan, periode pembayaran premi tahunan atau bulanan. Setelah semua data diisinkan, maka semua manfaat yang akan didapat dapat Anda baca.

2.Isi data diri dan ahli waris, hanya nama, nomor telepon dan alamat e-mail.

3.Konfirmasi dan Pembayaran, pilihlah metoda pembayaran yang Anda akan gunakan, setelah Anda melakukan konfirmasi dalam enam menit polis akan dikirimkan melalui e-mail Anda.

JagaDiri selalu menyertakan intisari polis guna memudahkan peserta asuransi mempelajari dan memahami manfaat asuransi yang didapat. Anda merasa keberatan dan ingin membatalkan ? Masih bisa, produk asuransi yang sudah dibeli, masih dapat dibatalkan dalam waktu 14 hari. Mudah bukan ?

JagaDiri menyasar segmen pasar A & B dengan usia produktif 20-30 tahun serta 36-45 tahun khususnya mereka yang termasuk digital mania. Selamat memasuki dunia asuransi tanpa beban !!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun