Pemilu atau Pilpres sudah tinggal 2 bulan lagi. Namun jumlah pemilih bimbang justru meningkat. Bahkan disinyalir akan adanya gerakan golput yang diperkirakan hampir mencapai 30%. Sayangnya survey yang menyatakan hal ini tidak menyebutkan pemilih bimbang ini dari golongan usia berapa.
Dari hasil survei elektabilitas Presiden dan Wapres angkanya berjisar 20-30%. Jika pemilih bimbang 30% artinya Pilpres hampir pasti tidak mungkin satu putaran, sehingga tidak dapat menghemat anggaran.
Bila kita berasumsi pemilih bimbang adalah dari gen Z yang belum pernah mengikuti pemilu, maka hendaknya aksi kampanye harus menyasar gen Z. Apalagi dari data survei data pemilih muda berkisar di angka hampir 60%.
Cara untuk merangkul anak muda tidak bisa lagi dengan sekedar janji atau politik uang yang selama ini sukses. Atau mencawapreskan golongan muda saja.
Tim kampanye nasional harus benar-benar memahami karakter anak muda. Paling tidak harus melibatkan psikolog yang sangat memahami gejolak jiwa anak muda.
Salah satu kekurangan anak muda adalah jecebderungan kekhawatiran pada gangguan mental, maka aksi kampanye haruslah jangan sampai mempengaruhi mental mereka.
Hal lain yang haus dipahami kaum muda ini cenderung inovatif dan kreatif, jadi banyak beraentuhan dengan teknologi.
Mereka juga lebih menyukai video daripada orasi, debat atau tulisan. Videopun harus berupa video pendek, seperti Reels atau TikTok, bukannya video panjang seperti YouTube.
Maka tim kampanye nasional harus sanggup mengemas kampanye dalam bentuk video pendek yang inovatif dan kreatif serta bersifat asli / original, bukan mengulang konten-kobten lama yang sudah pernah mereka lihat.
Pemilih akar rumput adalah pemilih loyal yang sulit dipengaruhi, karena mereka sudah kaya pengalaman. Maka pengaruhilah kaum muda yang belum banyak pengalaman. Agar dapat menarik minat mereka, maka kemaslah materi kampanye yang sesuai dengan selera anak muda. Yaitu video pendek yang asli, kreatif dan inovatif (AKI). Yang nantinya dapat memicu mereka untuk memilih paslon yang sesuai dengan minat anak muda.
Semoga masih bisa dilakukan dalam waktu 2 bulan ini.Semoga belum terlambat.