Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Membuat Daftar yang Harus Dikerjakan

6 September 2020   21:26 Diperbarui: 6 September 2020   21:26 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa yang harus Anda kerjakan hari ini? Banyak karyawan yang pergi ke tempat kerja dengan tanpa perencanaan apapun yang akan dia kerjakan hari ini. Akibatnya saat mulai bekerja, mengambil secara acak apa saja yang dapat dikerjakan. Hasilnya kadang dapat mengecewakan karena tugas yang penting,,  belum terselesaikan. Sebaliknya tugas yzng kurang penting malahan sudah dikerjakan.

Itulah sebabnya John de La Fontaine  menyarsnkzn agar tiap hari karyawan harus membuat daftar pekerjzan yang harus dlkerjakan. Dan agar tiap hari selalu mematuhi dafar yzng telah dibuat, hendaknya daftar itu diletakkan pada tempat yang mudah terlihat dan terjangkau.

Membuat daftar yang harus dikerjakan juga tidak boleh sembarangan. Ada aturannya agar brrmanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Susunlah daftar yang akan dikerjakan mulai dari yang paling penting. Letakkan tugas yang paling penting di bagian atas sebagai prioritas. Bukan menempatkan tugas yang paling mudah, yang paling disukai  atau yang paling sulit yang harus dikerjakan dulu. Kualitas jauh lebih penting dari kuantitas. Jadi jangan menuliskan tugas yang mudah yang cepat selesai atau menuliskan tugas yang sulit tetapi berakibat tidak ada yang selesai pada hari itu, sehingga merasa hari itu sudah merasa gagal menyelesaikan pekerjaan. Prioritaskan tugas yang paling penting terlebih dulu. Karena dengan menyelesaikan tugas-tugas penting Anda sudah meningkat produktivitas kerja Anda.

Juga tulisah pada daftar yang penting-penting saja, jangan semua tugas dimasukkan, karena daftar yang terlalu panjsng akan menjadi tidak efektif.

Setelah daftar selesai dibust, periksalah kembali dan coret dari daftar tugas yang tidak terlalu penting untuk dikerjakan seperti yang disarankan oleh Brian Tracy.

Buatlah daftar ini setiap malam agar keesokan hari Anda susah siap dengan tugas mana yang harus dikerjakan dulu.

Selain iu Anda juga perlu menyisipkan daftar ang harus dilakukan seperti memuji bawahan, memotivasi bawahan, menulis hal-hal yzng patut disyukuri dan lain-lain.

Percayalah, dengan perencanaan yang nstang dalam membuat daftar yang harus dikerjakan Anda telah meningkatkan produktivitas Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun