Gerai waralaba global sekelas McDonald's juga terus berkreasi secara inovatif. Pada awalnya McDonald's di negara asalnya hanya menjual burger dan kentang goreng. Saat pertama kali membuka gerainya, sambutan masyarakat Indonesia sangat tinggi, sehingga waralaba ini dengan cepat berkembang ke berbagai kota.
Sebagai lazimnya bisnis kuliner, bila sudah mencapai titik jenuhnya, orang mulai beralih ke makanan jenis lain yang lebih menarik dan di promosikan lebih gencar. Sebagai pemegang merek global, McDonald's tentu tidak tinggal diam. Mereka langsung mulai mengadakan pendekatan lokal, mengetahui bahwa orang Indonesia belum kenyang bila belum menyantap nasi, dengan menciptakan paket Nasi yang dikenal dengan paket PaNas. Paket Nasi ini menjajakan nasi putih, sepotong ayam goreng dan minuman. Paket inipun meledak di pasaran, dan McDonald's Indonesia berhasil menangguk keuntungan luar biasa. Paket Nasi Spesialpun diluncurkan dengan menambahkan telur dadar.
Seiring jalannya waktu, gerai waralaba tetap harus terus berkreasi. Menawarkan menu dessert yang menarik seperti Mathca / Choco Top, McFlurry, Â Choco / Strawberry Sundae dan ice cream cones. Juga mulai menawarkan paket makan pagi (breakfast), seperti Egg McMuffin, Chicken McMuffin, Sausage McMuffin, Sausage Wrap, Hotcakes, Big Breakfast dan Hash Browns yang sedikit bergaya Eropa, namun masih dapat diterima oleh lidah Indonesia.
Burgernya pun tidak sekedar Cheese Burger dan Big Mac, namun terus dikembangkan dan divariasikan, dengan menambah menu seperti Fish Filet Burger, Double Cheese Burger, McDouble, dan McChicken.
McDonald's  Indonesia juga jeli membaca pasar Indonesia, sukses pada paket Nasi menyebabkan menu ayam ditambah, dengan pilihan ayam goreng biasa dan ayam goreng pedas atau spicy (McSpicy). Serta menambahkan McNuggets dan PaMer (Paket Meriah) untuk bersantap tiga orang dengan isi  lima potong ayam goreng, tiga bungkus nasi putih dan tiga minuman.
Anak-anak juga menjadi sasaran yang empuk, makanan dipaketkan dengan mainan. Paket Happy Meal selalu laris manis di setiap gerai McDonald's.
Minumanpun juga terus dikembangkan, kalau pada awalnya hanya menjual minuman bersoda coke dan orange juice, kini sudah ada teh, kopi, milo, air minum dalam kemasan, bahkan Iced Coffee Jelly.Â
Untuk menarik pengunjung selalu ada paket hemat, seperti Apple Pie, Bubur Ayam, Breakfast Wrap, dan Egg & Chees McMuffin.
Paket-paket yang berkaitan dengan festival juga selalu ditampilkan seperti paket Prosperity guna menyambut Tahun Baru, dengan Beef Prosperity Burger, Mushroom Cheese Steak Burger, dan Black Pepper Chicken / Beef Rice Special. Dan baru-baru ini, baru saja diluncurkan paket Nasi Uduk McD, yang mengadopsi kuliner khas Betawi. Nasi Uduk McD ini berisikan nasi uduk, sepotong ayam goreng, telur ceplok, sambal dan minuman.Â
Menggarap kearifan lokal ini rupanya sudah banyak berhasil di beberapa negara, seperti di Mexico menjual McBurrito, di Malaysia menjual Nasi Lemak McD dan kini di Indonesia memasarkan Nasi Uduk McD. Tinggal kita tunggu saja bersama, kapan akan muncul menu Nasi Kuning McD atau Ayam Geprek McD ........
Kini gaya hidup masyarakat Indonesia juga mulai mengarah ke pola hidup sehat, maka salad pun sebaiknya dilengkapi, seperti yang pernah saya lihat pada menu McDonald's manca negara, diantaranya dengan menu seperti Bacon Ranch Salad, Southwest Buttermilk Crispy Chicken Salad dan Southwest Grilled Chicken Salad.