1. Â Â Â Identitas buku
Judul        : Mitos Jurnalisme
Penulis      : - Dudi Sabil Iskandar
             - Rini Lestari
Percetakan  : CV. Andi OFFSET
Penerbit     : Andi, Anggota IKKAPI
Tahun terbit : 2016
2. Â Â Â Isi Buku
Komunikasi adalah salah satu cara manusia mempertahankan harkat dan martabat kemanusiaanya. Sepanjang sejarahnya, komunikasi mengenal dua aliran/ mazhab pemikiran. Yakni aliran perpindahan pesan (Mazhab transmisi) dan aliran pertukaran makna (Mazhab semiotika). Kalau dalam komunikasi mazhab transmisi elemen pokoknya adalah komunikator, pesan media, komunikan, dan efek sedangkan dalam mazhab semiotika yang menjadi elemen dasarnya adalah autho (pengarang) budaya dan reader (pembaca).
Produk jurnalistik adalah mitos yaitu sesuatu anggapan yang belum tentu benar, ada dua pendekatan yaitu pasif (yang menempatkan media melupakan realitas sosial yang sebenarnya) atau positivistik dan aktif (media mengkonstruksi peristiwa menjadi realitas media).
3. Â Â Â Tujuan
Agar pembaca mengetahui bahwa sekarang ini yang terjadi adalah jurnalistik sebagai mitos jurnalisme karena kebenaranya masih dianggap belum tentu benar, memberi tau kepada pembaca bahwa nyaris semua media memiliki afiliasi, hubungan, dan kepentingan partai politik media hanya bisa menjadi pilar ke empat demokrasi jika mengambil jarak dan independen dengan tiga jenis kekuasaan yang terdapat pada lembaga Negara (Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif).
4. Â Â Â Kesimpulan
Kesimpulan dari buku ini adalah buku ini mencoba menelaah jurnalisme secara detail buku ini mengangkat berita yang di benturkan dengan mitos sehingga akan terlihat, berita mana yang benar-benar produk jurnalisme murni dan berita yang hanya sekedar mitos.
5. Â Â Â Â Kritik dan Saran
Buku ini sangat bagus untuk para calon wartawan dan juga mahasiswa yang ingin mengetahui mitos jurnalisme yang terjadi pada pers kita.