Mohon tunggu...
susilawati
susilawati Mohon Tunggu... Guru - susyila

syila

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika

29 Juli 2019   17:44 Diperbarui: 29 Juli 2019   17:49 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan individu untuk menciptakan masyarakat yang mempunyai daya saing di segala bidang. Pendidikan harus mampu mencetak individu-individu yang mempunyai daya komperatif, kreatif, dan budi pekerti. Rendahnya kualitas pendidikan merupakan sebab dari rendahnya penyedian sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga terhambatnya pembangunan di indonesia. Hal ini dipertegas oleh teori Supardi (2012: 113) yang menyatakan bahwa dalam The Global Competitiveness Report 2012 (laporan tahunan daya saing global tahun 2011-2012) yang dibuat oleh Word Economic Forum (WEF) menetapkan Indonesia berada pada posisi ke-45 dari 142 negara di dunia. Menurut Leonard (2013: 78) matematika merupakan ilmu yang universal, yang mendasari perkembangan teknologi modern, serta mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia. 

matematika juga merupakan ilmu yang berhubungan dengan aktivitas keseharian seseorang. Misalnya ketika seorang anak  diminta tolong untuk membeli sesuatu kemudian diminta untuk menghitung kembaliannya tanpa sadar mereka sudah melakukan konsep pengurangan. Konsep tersebut terkadang tidak mereka pelajari bahkan belum mereka pelajari di sekolah. Saat mereka ingin belanja mereka mengerti memegang uang berapa dan belanja berapa serta kembaliannya berapa. Kejadian tersebut terjadi secara alamiah pada anak yang belum menginjak di jenjang sekolah dasar dan kemampuan ini diperoleh karena adanya komunikasi dalam keluarga dan lingkungannya. Komunikasi secara umum dapat diartikan sebagai suatu peristiwa saling menyampaikan pesan yang berlangsung dalam suatu komunitas dan konteks budaya.

Komunikasi diartikan sebagai suatu cara untuk menyampaikan pesan dari pembawa pesan ke penerima pesan.  Secara umum komunikasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian sesuaikan dengan kebutuhan manusia dalam berinteraksi, di antaranya komunikasi antar pribadi, komunikasi antar kelompok, komunikasi politik, komunikasi massa, komunikasi organisasi dan lain sebagainya. Berdasarkan metode penjelasan serta cakupan objek pengamatannya, Hamdan dalam Stephen W. Littlejohn (2011 : 1) dalam bukunya Theories Of Human Communication membagi teori-teori komunikasi dalam dua kelompok. Pertama disebut "teori-teori umum"(general theories), dan kedua adalah "teori-teori kontekstual" (contextual theories).

Rendahnya kemampuan komunikasi matematika Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap guru bidang studi matematika, diperoleh informasi bahwa dalam mengerjakan latihan yang diberikan guru, hanya sebagian kecil siswa yang mampu menyatakan ide-idenya dalam bentuk tulisan, menggunakan istilah atau notasi matematika, dan menyatakan situasi ke dalam model matematika dengan tepat. Kepercayaan diri siswa dalam menjawab juga masih kurang baik, hal ini diketahui dari hasil pengamatan proses pembelajaran. Ketika siswa diberikan pertanyaan oleh guru, siswa menjawab dengan ragu-ragu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika  siswa masih tergolong rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa  adalah melalui pembelajaran aktif. Suherman, dkk (2003: 190) menyatakan bahwa pada sebuah proses belajar mengajar matematika, agar siswa dapat belajar secara efektif, mereka harus berperan aktif dan tidak ditempatkan sebagai objek pembelajaran, namun lebih sebagai subjek pembelajaran. Hal ini dapat membantu siswa merasa keberadaan mereka begitu penting dan berpeluang menjadikan semua siswa berperan aktif dalam aktivitas di dalam kelas.

Penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematika metode pembelajaran yang diterapkan belum dapat mengasah kemampuan komunikasi matematika siswa, yaitu pembelajaran konvensional. Pembelajaran ini masih berpusat pada guru dan tidak mencerminkan suasana belajar yang aktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya inovasi metode pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan komunikasi.

Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan komunikasi matematika siswa adalah metode pembelajaran discovery. Menurut Cahyani (2014: 6) discovery learning merupakan suatu metode pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis sehingga mereka dapat menemukan sendiri pengetahuannya. Dalam pembelajaran ini ide atau gagasan disampaikan melalui proses penemuan. Sejalan dengan Ruseffendi (Rahman, 2014: 36) yang mengemukakan bahwa metode discovery adalah metode mengajar yang diatur sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, dimana sebagian atau seluruh pengetahuan ditemukan sendiri dengan bantuan guru. Suherman, dkk (2003:190) menyatakan bahwa kegiatan-kegiatan yang bernuansa penemuan berpeluang untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Berdasarkan uraian di atas, diasumsikan bahwa pembelajaran discovery berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika. Oleh karena itu, Berdasarkan  uraian di atas, maka penulis tertarik melakukan penelitian judul Pengaruh metode pembelajaran discovery terhadap kemampuan komunikasi matematika.

Dapat disimpulkan matematika adalah suatu ilmu yang berhubungan dengan konsep-konsep yang abstrak serta kebenaranya dikembangkan berdasarkan alasan yang logis. Jadi matematika itu sendiri pada pokok materi Segi Empat ini adalah ilmu hitung yang berhubungan dengan konsep-konsep bangun datar yang abstrak

Menurut Humonggio (2013 : 4) Kemampuan berasal dari kata "mampu" yang berarti kuasa (bisa, sanggup, melakukan sesuatu, dapat, berada, kaya, mempunyai harta berlebihan). Kemampuan adalah kesanggupan, kecakapan, kekuatan. Seseorang dikatakan mampu apabila ia bisa atau sanggup melakukan sesuatu yang harus ia lakukan. Kemampuan adalah suatu kesanggupan dalam melakukan sesuatu. Menurut riyah dan seruni (2015 : 78) menyatakan kemaampuan adalah kesanggupan seseorang dalam melakukan usaha atau tindakan sebagai hasil dari pembawaan dan latihan.

Maka dari itu Kemampuan komunikasi itu sangat penting bagi seseorang karena harus dapat mengkomunikasikan ide, pikiran, ataupun pendapat ibaratkan seorang sarjana ataupun magister tidak akan dapat mendapatkan gelarnya apabila mereka tidak dapat mengkomunikasikan ide dan pendapatnya secara runtut dan sistematis dalam bentuk skripsi maupun disertasi.

Oleh karena itu kemampuan komunikasi matematika merupakan bagian yang sangat penting pada matematika dan  pendidikan matematika. Ketika siswa  ditantang berfikir tentang matematika dan mengkomunikasikan hasil pikiran mereka secara lisan atau dalam bentuk tulisan, berarti mereka sedang belajar menjelaskan dan menyakinkan apa yang ada didalam benak mereka. Seorang siswa memperoleh informasi berupa konsep matematika yang diberikan guru maupun yang diperoleh dan bacaan, maka saat itu terjadi transformasi informasi matematika dan sumber kepada siswa tersebut. siswa akan memberikan respon berdasarkan interpretasinya atau pengertian dan pemahamannya terhadap informasi itu dan  dengan begitu mereka akan lebih mampu membangun gagasan, ide, dan konsep matematika. Sehingga siswa akan memiliki konsep atas topik matematika tersebut. Selain itu, mereka juga dapat mengembangkan kemampuan-kemampuannya

Simpulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun