Kecerdasan ganda (multiple intelligence) adalah sebuah teori yang diusulkan oleh Howard Gardner pada tahun 1983 dalam bukunya yang berjudul "Frames of Mind". Menurut Garder ada Sembilan jenis kecerdasan manusia. Beliau memperluas definisi kecerdasan dan menguraikan beberapa jenis kompetensi kecerdasan yang berbeda. Kecerdasan satu tidak lebih baik dari kecerdasan yang lain. Teori kecerdasan ini digunakan untuk membantu manusia menemukan bakat dan talentanya sehingga dapat berhasil pada bidang yang merupakan kecerdasannya.
Menurut Gardner, manusia mungkin memiliki kecerdasan ini, tetapi profil kita tentang kecerdasan ini mungkin berbeda secara individual berdasarkan genetika atau pengalaman. Kesembilan kecerdasan menurut Gardner adalah:
1. Kecerdasan verbal-linguistik: kecerdasan ini berhubungan dengan membaca, menulis, berbicara, dan berkomunikasi.
2. Kecerdasan logis-matematika: berhubungan dengan penggunaan bilangan dan logika secara efektif. Anak yang memiliki kecerdasan ini dapat dengan mudah melakukan tugas memikirkan sistem-sistem yang abstrak, seperti matematika.
3. Kecerdasan spasial-visual: kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan untuk menangkap dan mengekspresikan sesuatu ke dalam bentuk visual. Mereka memiliki kepekaan terhadap keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang.
4. Kecerdasan kinestetik tubuh : mereka yang memiliki kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk mengontrol gerakan tubuh dan untuk menangani objek dengan terampil.
5. Kecerdasan musik : kecerdasan ini berhubungan dengan kepekaan terhadap ritme, melodi, dan intonasi, kemampuan memainkan alat musik, menyanyi, dan mencipta lagu.
6. Kecerdasan interpersonal: seseorang yang memiliki kemampuan untuk untuk mendeteksi dan merespon dengan tepat terhadap suasana hati, motivasi dan keinginan orang lain. Termasuk kemampuan untuk menjalin relasi dan komunikasi dengan berbagai orang.
7. Kecerdasan Intrapersonal : kemampuan yang berkaitan dengan refleksi diri dan bertindak berdasarkan hasil refleksinya.
8. Kecerdasan naturalis : kemampuan yang berhubungan dengan flora dan fauna dan segala sesuatu tentang alam.
9. Kecerdasan eksistensial: kemampuan untuk mengatasi pertanyaan mendalam tentang keberadaan manusia seperti, "Apa arti hidup? Mengapa kita mati? Bagaimana kita bisa sampai di sini?"
Guru memiliki peran sangat penting dalam memastikan siswa mendapatkan hasil maksimal dari beberapa teori kecerdasan di kelas. Gardner berpendapat bahwa sekolah dan guru harus mengajar dengan metode-metode yang dapat mendukung semua jenis kecerdasan, bukan hanya yang tradisional seperti kecerdasan linguistik dan logis, termasuk, guru dapat mengubah kondisi ruangan kelas.
Ada beberapa cara untuk mendukung kecerdasan tersebut:
*Pendekatan variasi: ketika siswa pertama kali, mereka dibuat sadar akan jenis kecerdasan, mereka harus menyelesaikan kegiatan dari semua jenis untuk lebih memilih jenis kecerdasan mereka.
*Pendekatan pilihan: siswa dapat diberikan pilihan untuk menyelesaikan beberapa kegiatan dari daftar kegiatan yang cocok untuk berbagai jenis kecerdasan.
*Pendekatan Perantara: jika hasil sebagian besar siswa di kelas tinggi dalam jenis kecerdasan yang sama, aktivitas dapat difokuskan pada satu jenis tersebut.
Guru harus terus mengamati minat dan keberhasilan siswa di berbagai bidang. Mengidentifikasi kecerdasan siswa memang tidak mudah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengamati dan bekerja sama dengan siswa. Siswa diajak untu mengamati dan menyadari apa yang dapat membuat mereka dapat berkembang, belajar lebih baik atau lebih cepat, apa yang dapat mereka pelajari atau lakukan dengan cepat dan mudah. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti tes kecerdasan ganda.
Referensi:
University of the People: The Education Revolusi. (n.d) What is the Multiple Intelligences Theory?. [www page] Multiple Intelligences in the Classroom for Teaching and Learning (uopeople.edu)
Diakses : 14 November 2021
Cherry, Kendra. (2019). Gardner's Theory of Multiple Intelligences. [www page] Gardner's Theory of Multiple Intelligences (verywellmind.com)
Diakses pada : 14 November 2021
Northern Illinois University Center for Innovative Teaching and Learning. (2020). Howard Gardner's theory of multiple intelligences. In Instructional guide for university faculty and teaching assistants. https://www.niu.edu/citl/resources/guides/instructional-guide
Diakses pada: 14 November 2021
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H