Mohon tunggu...
Novia Susan Aryani
Novia Susan Aryani Mohon Tunggu... -

do the best and keep spirit

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Pasti Pas, Apakah Pas Di Hati

20 Maret 2012   02:27 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:44 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13322102891717713188

Pasti Pas

[caption id="attachment_177303" align="alignleft" width="300" caption="prima"][/caption]

Pasti Pas, slogan yang sering kita dengar dari tempat pengisian bahan bakar minyak Pertamina yang banyak kita jumpai di tepi-tepi jalan. Slogan ini mereka kibarkan sebagai tawaran pada masyarakat bahwa mereka siap memberikan pelayanan prima dengan segala pelayanan yang pas di hati konsumen, lihat saja pom bensin yang ada di Kramajati  jakarta timur.

Ketika hendak mengisi bahan bakar disini akan terlihat para pegawai dengan seragam merah yang menarik pandangan mata, dilengkapi sepatu yang juga di seragamkan dengan warna hitam, tas pinggang hitam sebagai tempat penyimpanan cash balas jasa dari konsumen, dan di lengkapi pula dengan topi merah dengan logo “Pasti Pas”. Semula kami pikir topi itu hanya asesoris semata, ketika kami tanya pada mas-mas pegawai disana, ternyata dia menjelaskan bahwa topi itu adalah proteksi diri yang sengaja disediakan oleh pertamina.

Waww ........ ternyata dalam pelayanannya pertamina tidak hanya fokus pada pelayanan terhadap konsumen tetapi juga memperhatikan keselamatan dari pegawainya. Yang tervisualisasikan saat memasuki areal pom bensin adalah antrian rapi konsumen, semua tertata rapi dengan kebersihan yang terjamin.

Sarana Gratis

Ini dia pelayanan kebersihan yang dilakukan salah satu pegawai pertamina untuk mengoptimalkan kenyamanan konsumen.Kami tonjolkan dalam pelayanan kami pada konsumen adalah progam 3S Pas mba, dimana dalam pelayanan kami selalu melakukan senyum, salam dan sapa pada konsumen. Kami mengharapkan pelayanan kami dapat memberikan kanyamanan konsumen dan kepuasan dari konsumen. Karena kami memiliki target akreditas yaitu mulai dari premium, gold, dan platinum. Begitulah penjelasan salah satu pegawai pertamina mengenai pelayanan yang di berikan untuk pelanggan. Dan ternyata bukan hanya itu yang mereka sediakan, demi kenyamanan pelanggan mereka juga menyediakan isi angin gratis, areal parkir gratis, toilet gratis dan mushola untuk ibadah dan semua itu gratis tanpa pungutan bayaran.

Inilah gambaran 3S si seragam merah, senyum, sapa, dan salamnya untuk pelanggan. Dan disebelahya ternyata di sediakan tempat sampah untuk terjaganya kebersihan dan kenyamanan pelanggan.

Mulanya kendaraan di arahkan pada antrean mereka, setalah konsumen menyebutkan bahan bakar yang ingin di isi dan nominal cash-nya, langsung saja si seragam merah memproses pengisian secara cermat dan cepat dengan sapaan andalan dari pasti pas “ di mulai dari nol ya pak ..“ tentu saja senyum ramah tidak di lupakan. Tak lupa ucapan terimakasih mereka lontarkan di akhir transaksi pembelian, dan semua pelayanan ini mereka berikan selama 24 jam penuh dengan 3 shift jam kerja.

Lalu bagaimana yang dirasakan pelanggan? Benarkah pas di hati mereka?????

“Yaaa kalau untuk keramahan, kenyamanan, dan pelayanan dari sini sih cukup baik mba, cukup memuaskan, tapi denger-denger BBM mau naik ya mba, itu kalau bisa ndak usah di naikkan mba, gitu aja sih mba” Begitulah pendapat salah satu pelanggan yang di sertai sedikit curahan hati dari rakyat mengenai kenaikan BBM, hehehee.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun