Mohon tunggu...
Suryono
Suryono Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Cerita/Kisah Kearifan Lokal Daerah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Owner Kopi Santen Pojokwatu Kunjungi Pasar Tiban Desa Nglanjuk

1 September 2024   10:04 Diperbarui: 1 September 2024   10:08 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Owner Kopi Santen Pojokwatu (Juwarawati) (dokpri)

*Owner Kopi Santen Pojokwatu Kunjungi Pasar Tiban Desa Nglanjuk*

Blora, Owner Kopi Santen Pojokwatu Kunjungi Pasar Tiban Desa Nglanjuk Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah pada 1/9/2024.

Juwarawati, Kepada jurnalis melalui pesan whatsappnya mengatakan, "Saya setiap Minggu bisa dipastikan selalu berkunjung ke Pasar Tiban, dan menu favorit saya adalah pecel, dan teh tawar hangat.

Sungguh sangat sejuk  terasa, menikmati indahnya alam pesawahan, embun pagi yang masih menempel di dedaunan juga masih banyak terlihat, eh saat sedikit melamun suasana pagi di pasar tiban, pecel pesanan saya sudah datang.

Oh iya, jangan lupa berkunjung juga ketempat saya ya Mas, Warung Kopi Santen Pojokwatu, yang beralamat di RT 001 RW 003 Desa Pojokwatu Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah Indonesia.

Awalnya saya buka, adalah mendengar sahabat pegiat adat, yang bercerita tentang Kopi Santen yang sangat terkenal dari Blora, terus saya coba buat kopi Santen yang memang di keluarga kami sudah tradisi, bahkan peninggalan lesung yang sudah ada sejak tahun 1937, sampai saat ini masih ada.

Saya masih ingat betul, saat kecil, Simbah saya sering membuatkan kopi Santen untuk ibusaya, namun kopinya ditumbuk pakai lesung dan alu yang saat ini masih kami simpan.

Tapi ibu saya tidak meneruskan tradisi membuat kopi Santen Simbah saya, hanya cerita cerita tentang kopi Santen yang lama nunggunya, memang tradisi keluarga kami setiap hari Minggu selalu berkumpul dengan keluarga, saat berkumpul sajian utama kami ya Kopi Santen dan Singkong Rebus, semua itu sekarang tinggal cerita, Insya Allah saya siap untuk menghidupkan lagi tradisi Kopi Santen dan Singkong Rebus, dan itu bukan hanya untuk keluarga kami saja, umum juga bisa, jangan lupa pesan dulu sebelum datang, di nomor 0815 7549 9312. Karena proses yang kami lakukan kurang lebih 10  menit, sebelum disajikan, sedangkan untuk jam buka tutup di mulai dari pukul 10.00-20.00." Tulisnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun