Mohon tunggu...
Suryanto
Suryanto Mohon Tunggu... Guru - Obyek Takdir

Berbagi ilmu itu indah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menerapkan PjBL dan Aplikasi Canva dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa Kelas VIIID SMPN 2 Karangdowo

13 Februari 2024   16:52 Diperbarui: 13 Februari 2024   17:04 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

A. Situasi Awal

Kondisi awal pemahaman berdasarkan interview teman sejawat dan observasi, diketahui bahwa motivasi belajar siswa dan kemampuan menulis teks naratif siswa kelas VIIID masih rendah terutama penggunaan generic structure dan language features. Dari sisi guru, kurang inovatif dalam penggunaan metode, model dan media pembalajaran. 

Sebagai mahasiswa PPG memandang permasalahan tersebut perlu adanya solusi yang efektif. Hal itu diperlukan untuk mendukung misinya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karenanya dibutuhkan metode, strategi, media pembelajaran yang bisa melibatkan siswa lebih aktif sehingga pemahaman siswa terhadap materi bisa meningkat. Tantangan yang ditemui di lapangan adalah pada motivasi siswa, penguasaan kosakata, serta pemahaman siswa terhadap materi menulis juga rendah. Guru kurang kreatif mengembangkan metode, model media pembelajaran yang menarik dan  variatif.

B. Pembahasan

Dalam pembelajaran, menyesuaikan syintak PjBl, yaitu: Orientasi masalah, mendesain perencanaan produk, membuat jadwal penyelesaian proyek, memonitor kemajuan penyelesaian projek, mempresentasikan dan menguji hasil penyelesaian proyek dan mengevaluasi dan refleksi proses dan hasil proyek. 

Strategi yang digunakan diantaranya menerapkan model PjBl dan menggunakan aplikasi Canva sebagai media untuk membuat projek dan menyiapkan LKPD sesuai materi. Proses pelaksanaannya meliputi mempersiapkan siswa  untuk mengikuti proses pembelajaran, menyiapkan seluruh media dan peralatan yang diperlukan, menerapkan model PjBL dan aplikasi Canva, serta melakukan evaluasi dan refleksi.

1. Sumber daya/materi 

  • Guru harus memahami model PjBL dan penggunaan aplikasi Canva
  • Materi Bahasa Inggris kelas VIII Unit 3 That's an Amazing Story
  • Teks Naratif tentang Cerita Rakyat
  • Video Pembelajaran Legenda Rakyat

2. Pihak yang terlibat: 

  • Siswa kelas VIIID
  • Teman Sejawat
  • Waka Kurikulum

3. Refleksi Hasil dan dampak

Dampak dari tindakan yang dilakukan adalah meningkatnya motivasi siswa dan kemampuan siswa dalam menganalisis masalah berdasarkan keterampilan menulis teks naratif seperti merencanakan dan mengorganisir alur cerita seperti orientasi, perkembangan plot, puncak, dan resolusi.

4. Efektivitas Hasil

Hasil penerapan pembelajaran Project Based Learning dan menggunakan aplikasi Canva meningkatkan keterampilan siswa dalam menganalisis masalah dan membuat projek menulis teks naratif.  Mereka bisa memahami generic structure dan language features. Teks yang mereka buat sudah mengacu generic structure yang merupakan point penting dalam membuat teks naratif. 

Dalam penulisan tiap kalimat, sudah mengacu unsur grammar yang sesuai, yaitu dalam bentuk past tense. Peningkatan tersebut berdasarkan nilai yang diperoleh setelah proses pembelajaran, tuntas sebanyak 24 siswa dan 6 siswa tidak tuntas.  Selain itu, siswa terlibat aktif dalam membuat project, mereka bisa bekerja sama dengan kelompok, inovatif dan kreatif.

5. Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan: 

  • Respon teman sejawat mendukung praktik pembelajaran ini karena memberikan proses pembelajaran yang bervariasi.
  • Respon siswa sangat antusias mengikuti proses pembelajaran, karena siswa bisa kreatif dan inovatif membuat projek.

6. Faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan. 

Faktor-faktor keberhasilan praktik pembelajaran ditentukan kematangan dalam mempersiapkan materi bahan ajar, penguasaan materi pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran serta penguasaan rencana pembelajaran yang telah dibuat. Selain itu motivasi siswa terhadap proses pembelajaran, sarana dan prasarana serta kondisi lingkungan sekolah yang kondusif juga sangat penting. Sedangkan faktor ketidakberhasilan terletak pada penguasaan kosa kata yang masih terbatas, mereka masih sering bertanya kepada guru untuk menerjemahkan.

Projek Siswa (dokpri)
Projek Siswa (dokpri)

Projek Siswa (dokpri)
Projek Siswa (dokpri)
C. Kesimpulan 

Dengan menggabungkan PjBL dan aplikasi Canva, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang kaya dan bervariasi dalam menulis naratif, merangsang kreativitas, dan memotivasi siswa untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka sambil mengeksplorasi unsur-unsur visual dalam narasi. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada materi menulis teks naratif. Peningkatan tersebut berdasarkan nilai yang diperoleh setelah proses pembelajaran, tuntas sebanyak 24 siswa dan 6 siswa tidak tuntas.

 

Daftar Pustaka

Tenty Analicia. 2021. Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak. Padang: Universitas Negeri Padang,

Link: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38604 

Sri Ramadhani dkk. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Di Sekolah Sdn 060952. STKIP Pangeran Antasari

Link: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/565/435 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun