Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada era 4.0 berdampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence), big data, dan internet of things telah membawa perubahan paradigma dalam proses pembelajaran. Guru sebagai Pendidik maka dengan adanya teknologi akan bertindak sebagai pemberi Pendidikan. Dimana di dalam di ajarkan karakter dan akhlak. Sebagai landasan dari ilmu. Guru Juga akan memberikan pengajaran atau Pembelajaran untuk mendapat ilmu sesuai dengan kemampuan murid
Dalam konteks ini, peran guru menjadi semakin penting dan relevan. Meskipun teknologi memberikan akses luas terhadap informasi, guru tetap menjadi kunci dalam membantu siswa memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh. Berikut ini adalah beberapa nilai dan peran guru di era 4.0:
1. Motivator dan Pendamping
Di era 4.0, siswa cenderung terpapar banyak informasi dari berbagai sumber. Tugas guru tidak hanya memberikan materi pelajaran, tetapi juga menjadi motivator dan pendamping siswa dalam memahami informasi yang diperoleh. Guru dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan seperti pemecahan masalah, kritis berpikir, dan kemampuan beradaptasi.
2. Mengembangkan Keterampilan Hidup
Selain memberikan pengetahuan, guru juga bertanggung jawab untuk mengembangkan keterampilan hidup yang relevan di era 4.0. Keterampilan seperti pemecahan masalah, kolaborasi, kreativitas, dan literasi digital sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan. Guru perlu mendukung siswa dalam mengembangkan dan mengaplikasikan keterampilan ini.
3. Menyediakan Pengalaman Belajar yang Menarik
Penggunaan teknologi di dalam kelas dapat membantu guru menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Misalnya, guru dapat menggunakan multimedia, simulasi, atau permainan edukatif untuk memperkaya pembelajaran. Hal ini akan memotivasi siswa untuk aktif belajar dan meningkatkan daya serap informasi.
4. Membantu Siswa Mengelola Informasi
Di era 4.0, informasi mudah diperoleh dan berlimpah. Namun, siswa perlu dibantu dalam mengelola dan memahami informasi tersebut. Guru dapat mengajarkan strategi pengolahan informasi, evaluasi kebenaran informasi, dan keterampilan penelitian yang baik. Dengan demikian, guru membantu siswa menjadi pengguna informasi yang cerdas dan kritis.
5. Mendukung Kemajuan Teknologi dalam Pembelajaran