Kutowinangun Kidul, Salatiga - Pembuatan logo sebagai salah satu bentuk pemasaran  yang di sosialisasikan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II tahun 2021/2022 Universitas Diponegoro kepada UMKM Roti Bu Tinah Kutowinangun Kidul dilakukan pada Rabu(10/8/2022)
Logo merupakan pengenal. Logo merupakan sebuah entitas dari merek. Sebuah merek umumnya tak bisa dilepaskan dari logonya karena itu sangatlah melekat di benak konsumen. Pentingnya logo yang mudah diingat juga agar konsumen dapat membedakan produk dari sebuah merek dengan produk lainnya.
Walaupun sudah mulai banyak merek yang kita kenal memiliki logo, namun masih ada pula beberapa merek umumnya di UMKM yang kurang memerhatikan hal ini. Hal ini dapat dilihat pada salah satu UMKM yang menjadi objek penelitian yakni Roti Bu Tinah yang sudah memiliki logo namun logo tersebut tidak konsisten dan acapkali berbeda di kemasannya. "Iya mas, kami kekurangan pegawai untuk membuat logo", ujar salah satu pekerja Roti Bu Tinah.
Maka dari itu, merupakan sebuah kesempatan bagi mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro untuk membantu dan membuatkan sebuah logo kepada UMKM di Kutowinangun Kidul guna meningkatkan kesadaran konsumen akan merek Roti Bu Tinah. Diharapkan pula dengan adanya logo ini dapat meningkatkan brand awareness dari UMKM Roti Bu Tinah dan ditiru oleh UMKM lainnya yang belum memiliki logo. Penyuluhan ini dilakukan mulai tanggal 27 Juli-10 Agustus 2022.
Penulis: Suryaning Soca
DPL: Ir. Sulistyo, M.T., Ph.D.
Lokasi KKN: Kelurahan Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H