Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017- 2024), dan pensiun PNS sejak 1 Februari 2024.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Dua Tahun Aktif di "Kompasiana", Enggan untuk Berpaling!

27 Agustus 2024   06:25 Diperbarui: 27 Agustus 2024   06:30 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diolah dengan Canva (dokpri)

Dua Tahun Aktif di Kompasiana, Enggan untuk Berpaling!

Pada tanggal 27 Agustus 2022 untuk pertama kali saya mengirimkan tulisan ke blog Kompasiana tercinta. Saya merasa bersyukur karena naskah pertama langsung ditayangkan tanpa "peringatan" atau teguran dari admin.

Pada tanggal 27 Agustus 2024 tepat dua tahun saya bersahabat dengan Kompasiana. Banyak hal yang saya peroleh dengan bergabung atau aktif di blog Kompasiana. Para penulis Kompasiana yang sering disebut kompasianer semakin saya kenal (semoga di antara mereka ada yang mengenal saya juga he..he..he..).

Saya merasa sangat senang membaca tulisan-tulisan para kompasianer yang memiliki ciri khas. Ada kompasianer yang sering menulis sejarah. Ada kompasianer yang gemar menulis puisi. Ada kompasianer yang hobi menulis artikel olah raga, humaniora, kuliner, trip, cerita pendek, puisi, dan lain-lain.

Sebagian dari mereka mulai saya sukai karya-karyanya. Sementara itu, akhir-akhir ini justru produktivitas tulisan saya menurun. Bukan karena tidak ada mood atau sedang kekurangan ide. Bukan, bukan itu penyebabnya. Lalu apa, kok sudah lebih sepekan tidak muncul tulisan di Kompasiana.

Ternyata mendengar dan melihat (menonton) informasi positif lebih membutuhkan perhatian. Terus terang, saya belum dapat membagi waktu untuk aktivitas belajar (mendengar, membaca, menonton) dan menulis. Konsentrasi saat ini masih tercurah untuk belajar mumpung masih diberi kesempatan.

Hasil Selama Dua Tahun

Mungkin ada pembaca yang bertanya, apa hasil selama dua tahun aktif menulis di Kompasiana. Kalau hasil dikaitkan dengan finansial, bolehlah saya bagikan perolehan GoPay selama dua tahun.

Tiga bulan setelah aktif sudah dapat GoPay (dokpri)
Tiga bulan setelah aktif sudah dapat GoPay (dokpri)
Fluktuasi GoPay (dokpri)
Fluktuasi GoPay (dokpri)
Ada masa puncak GoPay (dokpri)
Ada masa puncak GoPay (dokpri)

Target pada saat awal aktif menulis sudah saya canangkan, yaitu dalam waktu tiga bulan harus tembus atau memenuhi persyaratan minimal untuk mendapatkan GoPay (minimal jumlah komentar, minimal jumlah artikel ditayangkan, dan minimal jumlah pembaca). Alhamdulilah target tersebut dapat saya penuhi.

Selanjutnya, saya pun berusaha untuk memperoleh GoPay dengan harapan, jumlah uang yang saya dapatkan dari Gopay dapat untuk berlangganan PREMIUM (tanpa iklan di artikel). Saya pun dapat bersyukur karena GoPay pertama yang saya peroleh dapat untuk membayar biaya langganan PREMIUM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun