Strategi Memperoleh K-Rewards Kompasiana
Setiap awal bulan, K-Rewards diumumkan oleh admin Kompasiana. K-Rewards adalah penghargaan berupa GoPay yang dibagikan kepada para penulis yang berprestasi. Penulis atau kompasianer yang memenuhi syarat akan memperoleh K-Rewards berdasarkan Pageviews setiap bulan.
Kompasianer akan mendapatkan rewards berupa saldo elektronik (GoPay) yang dihitung dari hasil kunjungan konten yang ditayangkan dalam satu bulan berdasarkan Google Analytics (Unique views). Bahasa sederhananya, berapa banyak pembaca (pengunjung) artikel yang ditayangkan. Semakin banyak pengunjung, semakin besar GoPay didapatkan.
Artikel atau konten yang dihitung adalah artikel yang mendapatkan label PILIHAN. Jadi, tidak semua artikel yang ditayangkan dihitung views-nya meskipun ribuan bahkan ratusan ribu jumlah pembacanya. Ada satu lagi ketentuannya, jumlah minimum views per bulan adalah dua ribu views. Jika kurang dari dua ribu tidak akan memperoleh GoPay.
Penulis Baru Harus Tahu
Untuk penulis baru perlu memahami bahwa ada empat syarat minimal untuk dapat mengikuti program K-Rewards tersebut. Keempat syarat itu sudah tercantum dalam ketentuan, yaitu 1. melengkapi data, 2. telah menayangkan minimal 50 konten (artikel), 3. memiliki jumlah minimal 100 komentar untuk konten yang sudah ditayangkan, 4. mendapatkan kunjungan minimal 25.000 (dua puluh lima ribu) views konten.Â
Tanda jumlah kunjungan berupa tanda mata orang diikuti angka. Setiap penulis baik yang masih baru ataupun sudah lama perlu memperhatikan empat ketentuan dasar tersebut.
Ada penulis yang sudah menayangkan ratusan artikel atau konten  tetapi belum banyak memperoleh kunjungan (kurang dari 25 ribu) dan jumlah komentar kurang dari seratus. Tentu saja tidak akan diikutkan dalam program K-Rewards.
Ada pula penulis yang merasa konten yang dibuatnya bagus tetapi sepi pengunjung. Ia merasa bersedih mengetahui hal itu. Nah, inilah yang akan dibahas, bagaimana strategi untuk menarik pengunjung agar mau membaca konten yang sudah kita tayangkan.
Tiga Strategi Memperoleh K-Rewards
1. membuat konten dengan hati dan hati-hati. Ibarat menulis surat cinta kepada kekasih, kata demi kata yang kita tuangkan harus dituliskan dari lubuk hati paling dalam. Bukan asal menyusun kalimat. Kemudian, aturan dalam mengutip tulisan, tata bahasa, ejaan, dan aturan penyematan gambar harus dipahami dengan baik. Itulah yang disebut hati-hati.