Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017- 2024), dan pensiun PNS sejak 1 Februari 2024.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Aktivitas 90 Hari Menjelang Purnatugas

3 November 2023   19:31 Diperbarui: 3 November 2023   19:32 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aktivitas 90 Hari Menjelang Purnatugas

Strategi perlu diatur agar aktivitas pada hari pendek (Jumat, 3/11/23) dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Pagi hari kami mengikuti apel rutin. Pak Daman bertindak sebagai pemimpin apel. Meskipun tanpa mikrofon, suara sekretaris disdikpora itu dapat saya dengar. Suara kawan-kawan pengawas, penilik, atau pegawai pada bagian lain tidak saya hiraukan. Biarlah mereka bercerita atau mengobrol di bagian belakang barisan.

Saya ingin mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan oleh Pak Daman tersebut. Ada tiga agenda yang harus dihadiri oleh perwakilan pengawas. Ada undangan acara di Universitas Gunadarma di dekat pondok pesantren Hidayatullah. Ada acara di SMP 5 PPU terkait perundungan. Kemudian, ada undangan acara HUT ke-39 SMA 1 Penajam Paser Utara (PPU).

Dokpri
Dokpri
Pak Muhammad Hanafi ditugaskan untuk menghadiri acara di Universitas Gunadarma. Pak Anas Baenana diberi tugas menghadiri undangan di SMP 5 PPU. Saya pribadi, sesuai undangan yang menyebutkan nama, menghadiri acara HUT ke-39 SMA 1 PPU.

Dalam susunan acara HUT ke-39 SMA 1 PPU yang dilampirkan dalam undangan, acara dimulai pukul 08.00 Wita. Berhubung saya harus mengikuti apel rutin Jumat pagi, kemudian ada rapat singkat di ruang pengawas, saya baru berangkat mendekati pukul setengah sembilan.

Pada saat tiba di halaman SMA 1 PPU, ada mantan guru SMA 1 PPU yang sudah mutasi ke SMA 1 Balikpapan. Bu Ratna tiba di pintu gerbang sekolah setelah kehadiran Pak Hamdam, mantan bupati PPU.

Daftar hadir tamu (dokpri)
Daftar hadir tamu (dokpri)
Saya dan Bu Ratna diantar oleh Bu Kusdiati (guru Bahasa Indonesia) untuk mengisi buku tamu. Kami mengobrol ringan sambil berjalan. Setelah mengisi buku tamu, saya dan Bu Ratna beriringan berjalan menuju kursi tamu di dekat lapangan upacara.

Pada daftar hadir buku tamu, baru belasan orang yang tertulis. Namun, kursi-kursi tamu sudah banyak diisi tamu undangan. Itu berarti ada sebagian (besar) tamu yang tidak atau belum mengisi buku tamu.

Pada saat duduk, saya merasakan acara sudah dimulai. Dari ucapan atau kalimat yang disampaikan oleh orang yang sedang berbicara di atas podium, saya dapat menyimpulkan, dialah ketua panitia yang sedang memberikan sambutan.

Itu berarti ada beberapa agenda yang sudah dilaksanakan. Saya sedikit merasa bersalah. Datang ketika acara sudah dimulai. Saya sengaja memilih kursi paling depan tetapi pada posisi agak pinggir. Jauh dari tempat duduk para tamu "penting". Tuan rumah, Pak Ali Roba cukup jauh tempat duduknya.

Pada deret kursi di belakang saya ada Pak Lois (Aloysius Mado), Pak Titus Tambuk, Pak Sutiman, dan beberapa mantan guru SMA 1 PPU yang dulu pernah bersama-sama saya mengajar di sekolah SMA tertua di Penajam tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun