Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017- 2024), dan pensiun PNS sejak 1 Februari 2024.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Berkunjung untuk Bernegosiasi

1 November 2023   19:17 Diperbarui: 1 November 2023   19:19 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bersama Pak Waryono (dokpri)

Berkunjung untuk Bernegosiasi

Janji temu sudah kami sepakati. Sebenarnya sudah cukup lama saya ingin berkunjung ke SMA 5 PPU. Baru pada akhir bulan Oktober 2023 kami membuat kesepakatan untuk bertatap muka atau janji temu. Keinginan untuk berkunjung ke sekolah tempat saya bertugas tahun 2004-2006 sudah cukup lama. Untunglah, ada waktu agak longgar pada hari Rabu (1/11/23). Saya segera meninggalkan kantor disdikpora PPU, Kaltim menjelang pukul 10.00 Wita. Janji temu memang pukul sepuluh pagi.

Waktu tempuh dari kantor disdikpora ke SMA 5 PPU sekitar lima belas menit. Untuk itu, saya tidak perlu terburu-buru mengendarai sepeda motor kesayangan yang sudah saya gunakan sejak saya bertugas di SMA 5 tersebut. Berarti hampir dua puluh tahun sepeda motor butut itu setia menemani.

Pada pintu gerbang sekolah saya melihat ada petugas sedang duduk-duduk santai. Saya kurang begitu mengenali siapa orang itu. Namun,di dalam pintu pagar saya melihat Pak Thaher. Dialah yang menyambut saya untuk menemani menuju ruang kepala sekolah.

Bersama Pak Thaher (dokpri)
Bersama Pak Thaher (dokpri)
Sebelum saya masuk ke ruang kepala sekolah, saya mengajak Pak Thaher untuk berswafoto. Pada saaat Pak Thaher mengetuk pintu ruang kepsek, yang bersangkutan sedang ada kesibukan zoom-meeting. Sempat Pak Waryono keluar sebentar dan menginfokan bahwa sepuluh menit aktivitas zoom meeting akan berakhir.

Beberapa guru dan staf tata usaha mendekati saya yang sedang asyik berbincang dengan Pak Thaher. Sambil menunggu di ruang tamu, saya menanyakan keluarga Pak Thaher yang istrinya juga guru SMA 5 PPU.

Waktu sepuluh menit tidaklah lama. Beberapa staf tata usaha yang ikut bergabung mengobrol dengan kami tidak sempat berlangsung lama. Pak Waryono segera mempersilakan saya masuk ke ruang kerjanya.

Mengobrol dan Bernegosiasi

Di dalam ruang yang cukup sejuk, kami mengobrol banyak hal. Sebagai kepala sekolah pertama di SMA 5 PPU saya banyak memiliki kenangan meskipun hanya sekitar dua tahun.

Pada sela-sela obrolan kami ada kesepakatan atau semacam negosiasi kegiatan yang akan dilakukan di SMA 5 PPU. Kalau pada hari sebelumnya (Selasa, 31/10/23) Pak Sugeng Mardisantoso mengisi materi LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), saya mempunyai misi berbeda.

Apa misi yang saya bawa dan kesepakatan atau negosiasi kegiatan apa yang akan dilakukan, ya, ditunggu saja. Berhubung belum ada kepastian tanggal dan harinya, belum pantaslah disampaikan di sini. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, kegiatan yang sudah kami sepakati tersebut dapat direalisasikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun