Mohon tunggu...
Supriadi SPd
Supriadi SPd Mohon Tunggu... Guru - pemerhati pendidikan

hobby membaca, nonton, traveling, dll

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

7 September 2024   10:49 Diperbarui: 7 September 2024   11:01 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam dan bahagia!

Saya Supriadi, S.Pd., M.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan.

Kembali pada kesempatan ini saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid. Dalam jurnal ini, saya akan merefleksikan diri setelah dua minggu terakhir ini mengikuti Pendidikan Program Guru Penggerak (PGP) yang dirangkai dalam bentuk kegiatan LMS. Tugas ini menjadi bagian rutin yang harus saya kerjakan sebagai Calon Guru Penggerak (CGP), di mana saya harus menuliskan refleksi diri setiap dua minggu sekali.

 Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 4F (Fact, Feeling, Findings, and Future), yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F ini biasa juga diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan.

Berikut jurnal refleksi dwi mingguan modul 3.3. dengan topik Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa.

1. Fact (Peristiwa)

Modul 3.3, yang merupakan modul penutup pada pelatihan Program Pendidikan Guru Penggerak,(PGP) yang menitikberatkan pada pengelolaan program yang memberikan dampak positif pada murid. Sama dengan modul-modul sebelumnya, Modul 3.3 ini juga mengikuti alur MERDEKA,dimulai dari diri sendiri. 

Dalam tahap awal ini, para peserta Pendidikan CGP diajak untuk merenungkan dua pertanyaan penting, yakni: apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid dan bagaimana hal tersebut terkait dengan kepemimpinan murid (student agency).Kemudian, dalam eksplorasi konsep, CGP memperdalam pengetahuan tentang cara menyusun program yang benar-benar memberikan dampak positif bagi murid. 

Kami para Calon Guru Penggerak diharapkan memahami bagaimana mengembangkan agensi siswa dengan mempertimbangkan tiga aspek penting yang dimiliki oleh murid, yaitu suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). Modul ini juga mencakup informasi tentang lingkungan yang mendukung pertumbuhan kepemimpinan murid, dan menggarisbawahi pentingnya keterlibatan komunitas dalam membantu murid mengembangkan kepemimpinan mereka. 

Dalam forum diskusi eksplorasi konsep, kami, peserta Pendidikan Guru Penggerak berkesempatan untuk membagikan pengalaman kami mengenai program atau kegiatan yang telah diimplementasikan di sekolah masing-masing  yang memberikan dampak positif pada murid. Peserta lain memberikan umpan balik konstruktif berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh rekan CGP yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun