PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, yang artinya bayar per klik.
Jika para Advertiser (yang menyewa lapak iklan), maka dia harus membayar sesuai jumlah pengunjung yang mengklik iklannya tersebut. Dan bila para blogger serta admin sebuah situs, maka mereka akan dibayar kontan sesuai jumlah pengunjung di blognya yang mengklik tautan iklan PPC yang terpasang di sudut pada blog atau situsnya.
Lantas siapa mas, yang membayar serta yang dibayar?
Pihak membayar adalah mereka advertiser atau pengiklan. Sedangkan pihak yang dibayar adalah situs yang telah menyediakan slot layanan iklan PPC dan juga kita sebagai blogger yang blognya menjadi wadah pemasangan iklan.
Bisnis PPC ini dikelola oleh sebuah situs perantara penegah dengan para advertiser dengan para blogger atau dengan para admin sebuah situs seperti di kompasiana ini.
Ibarat kata, situs PPC sama halnya dengan sebuah terminal angkutan darat. Tiap sebuah mobil/bis yang masuk, maka diharuskan membayar pada pengelola terminal. Sedang penumpangnya membayar kepada mobil/bis yang ditumpanginya di terminal. Artinya, pada situs PPC itulah para pengiklan melakukan pendaftaran, supaya iklannya disebarluaskan ke berbagai blog maupun dalam situs. Lantas para blogger dan admin situs tersebut, menyediakan sekaligus menawarkan jasanya pada situs PPC supaya mereka para pengiklan tertarik untuk memasang iklannya di blog atau situsnya.
Diantara banyaknya jenis bisnis di internet ini,
Boleh dikatakan PPC ialah bisnis internet yang paling gampang serta paling cepat mendatangkan rezeki tak disangka-sangka bagi para blogger. Ini dikarenakan tugasnya blogger, cuma menayangkan iklan tersebut di salah sudut blognya. Lalu tinggal menunggu santai sambil berharap setiap pengunjung mengklik iklan tersebut, maka secara langsung dan otomatis akan dibayar oleh situs PPC tersebut. Dan situs PPC itu juga mendapatkan untung dari selisih harga antara Advertiser yang membayar dengan komisi free untuk blogger.
Saya berikan contoh, misalnya nilai sebuah klik telah disepakati dengan harga Rp.500 oleh situs PPC. Dengan begitu siapapun advertiser yang akan memesan iklan, akan dikenakan administrasi Rp. 500 setiap klik.
Sedangkan akibat hasil kesepakatan sebelumnya, maka situs PPC akan membayar para blogger dengan harga Rp.300 untuk setiap satu klik terhadap iklan advertiser. Bisa kita simpulkan keuntungan situs PPC senilai 500 - 300 = Rp. 200.
Hanya saja,
dari segi Optimasinya, Untuk mendapatkan puluhan atau ratusan bahkan ribuan klik, maka seorang aktivis blogger harus berusaha sekuat mungkin agar banyak visitor berkunjung ke blognya, untuk kemudian berharap mengklik iklannya dengan sukarela (heeeee...). Sebenarnya inilah tantangan sesungguhnya bagi para
blogger. Untuk semakin berdarah darah mengibarkan blognya melalui jurus-jurus SEOnya, semakin banyak menguasai berbagai ilmu SEO. Maka semakin kuatlah blogger untuk memenangkan di pagerank google yang secara tidak langsung akan memperbanyak pengunjung blognya.