Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ketika Mengajar Online Dianggap Tabu

18 November 2021   05:43 Diperbarui: 18 November 2021   05:53 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Pada masanya saya bersyukur kepada Allah karena  diberi peluang untuk mengajar fianca negara antara lain di Malaysia. Saya bersyukur karena menjalani pendidikan di negara Ratu Elizabeth.  Saya bersyukur karena banyak terlibat dalam penelitian dan pengabdian dalam bidang lingkungan hidup. Saya bersyukur karena banyak terlibat dalam pengajaran dan pelatihan pengelolaan lingkungan hidup, kursus AMDAL dan Audit Lingkungan.

Mengajar secara online

Saya sewaktu mengajar di Malaysia mempunyai mahasiswa dari seluruh negara bagian negara itu yakni dari Sabah Serawak, dari Semenanjung Malaysia. Di samping off line saya mengajar para mahasiswa itu secara online. Saya membuat blog Multiply yang kala itu dianggap paling ramah kepada pengguna. Multiply itu fitur-fiturnya cukup banyak antara lain bisa untuk gambar, untuk video, bisa untuk macam-macam aplikasi.

Saya juga mengajar mahasiswa di sejumlah Fakulti dalam lingkungan UPSI. Antara lain Fakulti Sains dan Teknologi, Fakulti Seni dan Muzik, Fakulti Teknikal dan Vokasional. 

Kala itu saya dianggap aneh karena mengajar secara online. Kala itu tahun 2008 saya mengajar sebagai pensyarah kontrak di UPSI Tanjung Malim Perak Malaysia dan masih juga menjadi dosen PNS di UNSRI. 

Jumlah mahasiswa saya lebih kurang 400 orang dengan rincian 170 mahasiswa yang mata kuliah Metodologi Penelitian di FTV, 200 mahasiswa zilmu Lingkungan, 12 mahasiswa program Doktor Lingkungan, 10 mahaiswa program doktor Ilmu Tanaman, 35 Mahasiswa Ilmu Tanah, 70 mahasiswa FPTV dan mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Ikut Konferensi di Guang Jao RRC

Alhamdulillah hasil penelitian dan penerapan penggunaan blog Multiply untuk pengajaran secara online dalam dan antar Universitas di Malaysia dan Indonesia saya paparkan pada Konferensi di Guang Jao RRC pada tahun 2009. Banyak yang tertarik dengan metode pengajaran yang saya paparkan secara online itu. Alhamdulillah tulisan itu tetap bisa dijumpai secara online.

Ini link tulisan saya pada konferemsi tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun