Mohon tunggu...
Gani Islahudin
Gani Islahudin Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

Baca aja dulu, opini belakangan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Modul 1.1-Modul 1.2 Guru Penggerak dengan Model 4P

10 Juli 2024   22:01 Diperbarui: 10 Juli 2024   22:06 1500
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini program Guru Penggerak Angkatan 11 sedang berlangsung. Hal ini menjadi kesempatan bagi saya untuk ikut belajar menggali ilmu, salah satunya kepada peserta Pendidikan Guru Penggerak di Mataram, Nusa Tenggara Barat. 


Percakapan bersama salah satu peserta pun dimulai. Saya bertanya tentang apa yang sudah ia pelajari dan apa yang saat ini ia pelajari. Perempuan yang akrab di sapa Asila di sekolahnya, SMPN 1 Mataram itu pun bercerita bahwa pertanyaan saya mirip seperti tugas yang sedang ia kerjakan di LMS ( platform yang berisi modul-modul dan aktivitas pembelajaran para Guru Penggerak yang ia akses melalui akun belajar.Id nya). Langsung saja saya tanya apa tugas dan jawabannya yang ia rangkum dan berikut adalah jawaban Asila:

Saya sedang mengerjakan tugas 1.2.j. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2. 

Di dalam tugas tersebut kita diminta berefleksi menggunakan model 4P. Apa itu model 4P? Menurut penjelasan yang saya peroleh di dalam materi, di model 4P kita diminta untuk menulis 4 hal yaitu:

  1. Peristiwa: Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah...
    Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah... 
  2. Perasaan: Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan... 
  3. Pembelajaran: Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa...sekarang saya berpikir bahwa...
  4. Penerapan ke depan (Rencana): Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak..

Dari model 4P tersebut, saya merangkum jawaban saya ke dalam sebuah poster seperti ini:

sumber gambar dari narasumber, Asila.
sumber gambar dari narasumber, Asila.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun