Mohon tunggu...
Supardan
Supardan Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Hobi Olah Raga Badminton

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Budaya Positif

23 Desember 2022   21:41 Diperbarui: 23 Desember 2022   22:02 454
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penulis       : Supardan, S.Pd

CGP              : Angkatan 7  PKBM Az - Zauqina Kab. Bandung Barat

Refleksi      : Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Budaya Positif

Sumber       : LMS PGP Angkatan 7

 

Sebuah kesimpulan mengenai peran Saya dalam menciptakan budaya positif di sekolah dengan menerapkan konsep-konsep inti seperti disiplin positif, motivasi perilaku manusia (hukuman dan penghargaan), posisi kontrol restitusi, keyakinan sekolah/kelas , segitiga restitusi dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya yaitu Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara, Nilai dan Peran Guru Penggerak, serta Visi Guru Penggerak. 

Menciptakan budaya positif di sekolah merupakan tugas Kepala Sekolah, Guru, Murid dan bahkan Seluruh Warga Sekolah. Saya selaku Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 7 juga memiliki kesempatan untuk membuat kondisi lingkungan menjadi lebih baik, peran ini tidak dapat dipisahkan dari konsep-konsep inti seperti disiplin positif, motivasi perilaku manusia, posisi kontrol restitusi, keyakinan sekolah atau kelas, segitiga restitusi dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya yaitu Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara, Nilai dan Peran Guru Penggerak serta Visi Guru Penggerak. 

Budaya positif merupakan juga perwujudan dari nilai-nilai atau keyakinan universal yang diterapkan di sekolah. Budaya positif diawali dengan perubahan paradigma tentang teori kontrol. 

 Sebuah refleksi dari pemahaman Saya atas keseluruhan materi Modul 1.4 Budaya Positif ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1. Sejauh mana pemahaman Saya tentang konsep-konsep inti yang telah Saya pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, kontrol posisi guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga ganti rugi. Adakah hal-hal yang menarik untuk Saya dan di luar dugaan?

Jawab : Perasaan yang saya rasakan yaitu senang sekali karena banyak sekali hal-hal menarik selama mempelajari dan memahami setiap materi kursus PGP Angkatan 7 ini. Saya jadi tahu bagaimana cara memerdekakan anak dalam belajar. Hal yang diluar dugaan saya yaitu ternyata banyak sekali cara yang salah atau yang belum baik saya lakukan selama mengajar atau mendidik anak/siswa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun