Lokasi: SD Islam Riyadlul Mubtadiin Kedok
Lingkup Pendidikan: Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai:
- Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video, peserta didik mampu menjelaskan cara penjumlahan, pengurangan dan perkalian dengan penyebut berbeda (C2-memahami)
- Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media peserta didik mampu memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan dan perkalian pecahan dengan penyebut berbeda (C4-menganalisis)
- Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan diskusi bersama teman, peserta didik mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang pembagian bilangan pecahan dari media roti bulat dengan benar (P5)
Penulis: Sundari
Tanggal: 13 dan 30 November 2023
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :
Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas .V (lima) di SD Islam Riyadlul Mubtadiin Kedok, diketahui bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dalam pembelajaran Matematika materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam penyebut berbeda. Peserta didik juga mengalami kesulitan untuk mengerjakan dalam soal cerita. Kondisi tersebutdipandang perlu untuk lebih optimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?
Hal ini sangat penting agar supaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dalam penyebut berbeda, serta menjadi upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Selain itu, hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas.