jiebrut sunardhi

·Agung Andryoko

·Nasta

·Bayu

Pagi – pagi banget tanggal 25 desember saya berangkat ke kampus, hari itu niatnya saya bareng anak – anak, mau jalan ke Baduy. Sebenernya sih saya diajak agung ( anak Stupala kampus ) buat ke baduy, kebetulan agung mau ambil Madu asli baduy, yang bagus banget khasiat nya buat badan.

Awalnya saya pikir yang berangkat ke baduy Cuma saya doang cewenya sendiri, ternyata ada Nasta

( cewenya Bayu ), yang diajak buat nemenin bayu, mungkin nasta mau ikut karena ada saya juga, jadi gak terlalu sendirian.

Jam 7 pagi, saya udah sampe Stupala ( Mahasiswa pecinta alam borobudur ), saya liat agung masih planga plongo ngumpulin nyawa, udah ada si ucup yang lg dengerin musik di bb nya, bayu sama nasta yang lagi packing, banyak banget bawaan nyaa, udah kaya mau tinggal sebulan di baduy, sedangkan saya Cuma bawa 1 celana pendek ( minjem ucup ), jaket, kaos, listerine, tisu basah..( udah itu ajaa,!!), setelah anak – anak selesai packing, sekitar jam 8an kita berangkat naik angkot

( Mikrolet 18 ) ke arah Kampung Melayu, sampe di kampung melayu, kita nyambung naek kopaja ( lupa nomernya ), kopaja nya penuh banget, maklummm dehh kopajanya ke arah Stasiun Tanah Abang, jadi gak heran kalo diatas kopaja kita disatuin sama tukang mangga, ibu2 yang baru pada belanja baju lusinan, banyaakk deh pokoknyaa.. dan saya pun harus rela berdiri,karena banyak emak – emak yang engga kebagian tempat duduk, sekitar 30 menit perjalanan dari kampung melayu ke stasiun tanah abang, akhirnya kita pun sampe di stasiun tanah abang.

Kita berlima jalan ke arah loket buat beli karcis, ternyataa oohh ternyataaa...  kereta nya 5 menit lagi sampe stasiun tanah abang, alhasil kita pun buru – buru buat ngumpulin KTP dan duitnyaa, harga tiket kereta Ekonomi Ac ke arah Rangkasbitung Cuma 25rb aja, setelah kita dapetin tiket kita berlima langsung lari sekencang mungkin ke arah gerbong kereta, udah gak peduli tabrak sana senggol sini, daripada ketinggalan kereta... ( ihihi ), akhirnya kita sampe juga di dalem kereta..hhuuffttttt ( ternyata dari pagi kita belom ada yang makan)...

Perjalanan naik kereta dimulai jam 10an, ihihii... pemandangan ke arah rangkasbitung lumayan keren, sawah, kebon, jembatan yang bawahnya ada kali, penduduk asli rangkas yang ber’karakter’, berhubung dari pagi kita gak ada yang makan, akhirnya kita rame – rame pesen pop mie ‘ sedap’, harganya 8rebu, lumayan mahal..padahal kalo beli di warung deket rumah Cuma 3rebu aja,,ahh sudahlah,,,,

Gak lama setelah pop mie kita habis, akhirnya tanda – tanda mau sampe di stasiun rangkasbitung mulai keliatan, akhirnyaa kaki saya nginjek juga yang namanya stasiun rangkasbitung,,ayyeeyyyy... petualangan pun dimulaiiiii.. yuhhuuuu...

Sambil ‘culang – cileung’ ( bahasa perancis ), gue keluar  ke arah terminal rangkas, niatnya mau cari bis kecil yang bisa bawa kita ke Ciboleger  ( Baduy Luar ), jarak dari stasiun rangkasbitung ke terminal rangkasbitung deket banget, kita Cuma jalan kaki, sambil ngelewatin pasar gitu deehhh, cuaca hari itu lumayan panas, akhirnya sampe juga di terminal rangkasbitung, yaanngg bikin gue terperangah, tercengang adalah..kondisi terminalnya yang sangaaddd memprihatinkan, jalanan aspalnya rusak parahh, becek dimana-mana, terminal nya kumuh banget, bau sampah basah yang bikin gue eneg,,aahh sudahlahh...

Akhirnya kita berlima pun mampir di satu warung, kebetulan dari pagi di kampus, anak – anak belom ada yang ngopi, lagi asik2nya ngopi di terminal rangkas, kita di samperin calo yang bisa cariin kita bis ke ciboleger, gak lama kemudian si calo nelpon supir  bis nyaa.. belom juga kopi kita abis, bis nya udah dateng, yaa akhirnya kopi panas kitu ‘uyup’ sampe abiiss..., Dari terminal rangkasbitung kita gak bisa langsung ke Ciboleger, karena sopirnya harus narik penumpang dari Terminal Aweh, oyaahh.. ongkos bis ke ciboleger 25rb ajaa.., pelan – pelan bis pun jalan ke arah terminal aweh, daannnnn disini mata saya sampe gak bisa berenti berkedip, infrasrukutur di serang ( rangkasbitung ) bener – bener sangat memprihatinkan, ditambah saat itu lagi ‘hot’ nya kasus korupsi sang ‘ibu gubernur banten’ @_@, saya sama agung sengaja duduk di kursi depan di samping supir, gak ada habisnya kita bahas kekesalan dan protes terhadap si ibu gubernur itu, .. bayangiinnnn....uang korupsi sebanyak itu kalo dipake buat benerin infrastruktur jalanan, pasti bakal bikin serang kota yang nyaman dan terawat, akhirnya kita sampe juga di terminal aweh, janjinya si sopir dia bakal ‘ngetem’ paling Cuma setengah jam,okelahhh kita tungguin...

Yyaahhh...kondisi terminal aweh pun cukup memprihatinkan, kotor, kumuh, gersang..aahh sudahlahhhh..., ( kayaknya dari tadi gw kebanyakan ngomong ahsudahlahh ) ihihi.,.,.

Akhirnya bis pun jalan ke arah ciboleger, muatan di bangku belakang udah penuh.. ucup, nasta & bayu ternyataa udahh tiiduurr pulassss.

‘kemoonn kanggg berangkaatttt’...jalan yang bakal kita tempuh sekitar 2 jam sampai di ciboleger, kondisi jalanan lumayan rusak, kontur jalan pun gak stabil, tapi pemandangan nyaa..wwooowww , ini baru awal dari pemandangan indahnyaaa sawah ngebentang luaasss,,,,kebo, sapi, kambing lagi asik makan, bener – bener gak peduli sama keadaan sekitar... banyak juga kita temuin petani cengkeh yang lagi ngejemur di pinggir jalan ( ‘permisi bu, kita lewat’), petani padi yang lagi asik ‘macul’, anak – anak kecil yang lagi asik maen ‘lulumpatan’ ( berlarian )....

perjalanan 2 jam sama sekali gak terasa, sampe akhirnyaa kita sampai di Ciboleger ( Baduy Luar ), yyeaayyyyy...., di ciboleger kita disambut dengan tugu baduy, yaa anggap aja seperti tugu selamat datang... ternyata di ciboleger ada alfamart lho..

Kemudian kita berlima mampir ke Warung nasi buat makan siang, kebetulan di depan warung nasi ada toko sembako, sekalian deh kita belanja bahan makanan buat konsumsi kita & tuan rumah yang bakal kita tumpangin selama disana, sembako yang kita beli yaitu beras, telor, ikan asin ( peda & japuh ), cabe merah, cabe rawit, bawang merah,.

Sampainya di baduy luar kita mampir ke rumah nya kang herman untuk minta diantar ke baduy dalam, biar kita engga nyasar dan kang herman paham betul lintasan yang harus di lalui, gak berasa udah jam 2 siang dan kita berlima pun langsung naik ke atas ( mendaki ), lintasan yang di lalui cukup terjal dan berliku, kondisi tanah yang licin kang herman bilang memang dari kemarin cuaca di sore hari selalau hujan.., kita sangat menikmati perjalanan, kami berlima berjalan penuh konsentrasi dan berdoa dalam hati agar selamat sampai di tujuan, pemandangan disana sangatlah indah ( teramat indah ), bukit, lembah, sejauh mata memandang ada hutan terlarang , yang akan kita lewati..

Tanpa langit semakin menghitam, do’a dari dalam hati pun semakin kuat...

(‘lindungi kami yaa tuhan’ ), akhirnya hujan pun turun dengan derasnyaa,, sangat deras, kondisi tanah yang kami injak sangat licin, bahkan berkali – kali salah satu dari kami pasti ada yang terjatuh ataupun terpeleset, namun hal ini tidak menghentikan semangat dan langkah kita untuk berjalan..

Hanya dengan daun pisang kami berjalan, tidak ada satu orang pun dari kami yang membawa jas hujan, sesekali hujan reda, namun sebentar kemudian hujan turun kembali dengan sangat derasnyaa..., kami semua harus tetap berjalan, agar tidak terlalu malam sampai di baduy dalam, perjalanan ke  baduy dalam sekitar 4-5 jam, namun penduduk asli baduy terbiasa berjalan dengan hanya menempuh waktu sekitar 1 jam ( woowww ),

Kami berllima masih berjalan menyusuri sungai, lembah dan lereng.. meski sesekali kami beristirahat untuk mengatur nafas, entah sudah berapa kali kami bertanya kepada kang herman ‘berapa lama lg kita sampai’? ( manusiawi ), kang herman hanya menunjuk beberapa bukit yang akan kita lalui, dan kita hanya mengangguk tanda mengerti... kami berlima berjalan tanpa henti, sibuk dengan pikiran nya masing – masing, berdoa dalam hati dengan tujuan yang sama..

Tidak terasa langit semakin gelap, sekitar jam 18:40 kami berlima menginjak kan kaki di Suku Baduuy Dalam ( Cijahe ), pintu masuk menuju baduy dalam, kami akan melewati jembatan kayu yang sangat kokoh, tepat dibawah jembatan kayu adalah sungai yang membentang luas, kami tidak bisa melihat keadaan sekitar karena sangat gelap, kami hanya dapat mendengar suara gemericik air sungai dan kicauan burung yang sangat teduh di hati, kami berjalan tanpa penerangan, hanya mengandalkan insting entah sudah berapa kali kami tersanduung batu ataupun kayu, akhirnya kami pun sampai dirumah kang Apet.

‘mangga kalebet,’....

Kami disambut oleh istri dari kang apet yang sangat ramah dan baik, kami pun masuk menuju ke rumah kang apet, rumah panggung, dengan penerangan mengandalkan lampu ‘ceplik’, anggota keluarga di rumah kang apet cukup banyak, disana kami melihat ada orang tua kang apet, anak – anak kang apet, istri kang apet, dan cucu kang apet, kurang lebih sekitar 13 – 15 orang, Di dalam rumah sangat luas dan tanpa sekat, mereka  berkumpul di tengah – tengah rumah dan tidur pun disitu, untuk memasak pun hanya di sudut, yang terlihat dari ruang tengah, sama sekali tidak ada sekat, suasana rumah begitu hangat, kekeluargaan begitu kental, mereka menggunakan baju putih dan ikat kepala, ( ciri khas baduy ) hilang sudah prasangka – prasangka negatif tentang masyarakat pribumi baduy dalam, kami mendengar suara gemericik air sungai, ternyata tidak jauh dari rumah kang apet ada sungai yang mengalir deras.

Kami pun diijinkan untuk berganti pakaian, karena baju yang kami kenakan sudah sangat kotor dan bau ( @_@ )...,

Menembus malam saya dan nasta menuju ke sungai yang tidak jauh dai rumah, hanya menggunakan ceplik karena tidak diperbolehkan menggunakan senter, air sungai sangat dingin, suara jangkrik saling bersahutan, dan kunang – kunang saling beterbangan, pemandangan malam yang sangat damai dan syahdu.

Setelah berganti pakaian kami menyerahkan bahan – bahan makanan yang tadi siang kami beli di ciboleger, istri kang apet menerima dengan sangat baik, kami berkumpul dengan keluarga besar kang apet sambil menikmati teh panas yang dihidangkan menggunakan gelas bambu, sementara istri kang apet memasak makanan untuk makan malam, aroma ikan asin sangat tajam menusuk hidung, sepertinya cacing – cacing di perut sudah bergejolak, tidak berapa lama makanan pun sudah matang, lalu kami dan keluarga besar kang apet makan malam bersama, mereka sangat ramah dengan pendatang seperti kami, kami semua menikmati makanan sambil sesekali bergurau sangat akrab.

Setelah makan malam kami melanjutkan berbincang dengan keluarga besar kang apet, bercerita banyak hal, mereka pun tidak segan uintuk menjawab beberapa pertanyaan yang kami utarakan...

Malam semakin dingin dan sepi, akhirnya kami semua istirahat karena besok harus bangun pagi, kami berlima membuat barisan untuk tidur, bantal disana terbuat dari kapuk yang dilapisi dengan karung goni, kami tidur tanpa alas namun kami yakin malam itu akan tidur pulas..

Zzzz..ZZzzZZzzzz...... grookk grrookkkkk !

Tanpa terasa sudah pagi, ayam jago sudah berteriak...

Saya pun keluar untuk menghirup udara segar, dan pagi itu begitu indah, langit sangat indah, aku melihat masyarakat baduy ramai – ramai pergi ke ladang, tidak hanya orang tua, namun mereka pun mengajak anaknya yang masih balita, aku duduk di bale bambu sambil menikmati teh panas, saya berniat untuk berjalan mengelilingi suku baduy dalam, rumah di suku baduy dalam kurang lebih ada 90 rumah, konstruksi rumah hanya terbuat dari bambu beratapkan daun kelapa, dan tiap sudut kuda – kuda rumah hanya di ikat menggunakan ijuk, bangunan tampak kokoh.

Suku baduy dalam di pimpin oleh beberapa kepala adat, mereka menyebutnya pu’un, sedangkan pu’un dikepalai oleh ‘jaro ( kepala adat ), saya berjalan menyusuri jalan setapak, masyarakat disana bejalan tanpa menggunakan alas kaki, anak – anak kecil menggunakan baju warna hitam ataupun putih tidak lupa dengan ikat kepalanya, saya pun menyapa mereka, bercengkrama dengan bahasa sunda yang mungkin agak susah saya cerna dikarenakan perbedaan logat dan bahasa yang kadang terasa asing saya dengar, meskipun saya orang sunda namun ada beberapa bahasa yang tidak di mengerti,  tapi sejauh itu saya bisa berkomunikasi dengan baik, saya mampir ke 1 rumah panggung, di depan rumah ada seorang gadis yang sedang menjahit baju hitam, dia sangat pintar menjahit, info yang saya dapat dari gadis itu, menjahit baju dan untuk urusan ketersediaan beras menjadi tanggung jawab sepenuhnya perempuan baduy, mereka sangat ramah.

Saya sangat terpesona dengan anak – anak kecil disana yang sangat cantik alami, dengan kulit putih bersih, mata bening dan wajah teduh, bahkan saya bertemu dengan anak kecil, namanya ‘Saebah’, anak kecil ini sangat cantik umurnya masih 5 tahun tapi setiap  hari dia ikut ibunya ke ladang, rambutnya pirang dan kulitnya putih, sangat cantik...

saya pun kembali ke rumah kang apet untuk sarapan pagi, ikan asin, sambel terasi dan telor dadar sudah siap, kami pun makan dengan sangat lahapnyaa, entah kenapa semenjak semalam makan di rumah kang apet saya selalu makan 2 piring, menu makanan nya sangat sederhana namun nikmatnya tiada tara.. J

Setelah makan kami berbincang dengan kang apet, kebetulan istri dan anak – anak kang apet sudah pergi ke ladang sejak pagi, menurut cerita kang apet perempuan dan anak kecil diharuskan pergi ke ladang, sedangkan laki – laki menunggu di rumah, biasanya mereka pulang dari ladang menjelang magrib, perjalanan yang ditempuh ke ladang sekitar  1 jam.

Sudah jam 8 pagi, kami berlima bersiap untuk pulang, agar tidak terlalu sore sampai ciboleger, karena bis menuju rangkasbitung hanya sampai jam 2 siang, oleh karena itu kami memprediksi jam 1 siang harus sudah sampai ciboleger.

Pada saat pamit dengan kang apet saya memberanikan diri untuk meminta gelas bambu yang dipakai untuk minum teh, kang apet hanya tersenyum dan mempersilakan saya untuk membawa gelas bambu tersebut.

Setelah berpamitan kami pun kembali berjalan menyusuri jalan setapak masih ditemani kang herman, sebenarnya  kami masih ingin menginap lebih lama di baduy dalam, rasanya belum cukup menikmati keindahan, ketenangan dan keramahan suasana baduy dalam.

Saya berjanji, suatu hari nanti saya akan kembali mengunjungi baduy dalam...

Cuaca siang itu sangat terik, lintasan yang di lalui pun cukup curam, kami berjalan menembus hutan terlarang, rute yang di lalui sangat ekstrim, menurut info dari kang herman rute ini cukup cepat ditempuh sehingga tidak terlalu memerlukan banyak waktu tempuh.

Di tengah perjalanan, saat itu kami sudah masuk di baduy luar yang menuju ciboleger kami menemukan sungai yang aliran airnya cukup deras, kami pun memutuskan untuk bermain air, kang herman hanya tersenyum melihat tingkah kita, tidak hanya itu bayu mempunyai ide untuk memasak air untuk minum teh...

Hari pun semakin siang, kami melanjutkan perjalanan yang masih sangat jauh, jalanan yang dilalaui semakin sulit, entah sudah berapa kali kami berhenti untuk tarik nafas dalam, persediaan air minum semakin menipis..kami tetap berjalan..

Tanpa terasa kami pun hampir sampai di Ciboleger, sejauh mata memandang kami melihat pemandangan yang sangat indah, sebuah danau yang sangat tenang, berada di sebelah kebun jagung, kami pun sepakat untuk istirahat di pinggir danau sambil menikmati indahnya danau ciboleger,...

Kami pun kembali meneruskan perjalanan hingga ke ciboleger, tepat jam 1 siang kami sampai di rumah kang herman, untuk istirahat sejenak, sambil menyiapkan madu yang akan kami bawa ke jakarta, kami membeli berbagai pernak pernik dan kerajinan tangan khas baduy,ada gelang, kalung,  gantungan kunci berbagai jenis dan bentuk sampai baju khas baduy ataupun baju adat baduy pun dijual, tidak hanya itu ada juga kaos bertema kan baduy, harga nya pun cukup terjangkau, setelah itu kami berpamitan dengan kang herman, banyak terima kasih untuk kang herman yang sudah sangat baik meluangkan waktunya untuk menemani kami di baduy dalam, hatur nuhun kang...

Kemudian kami menuju rumah makan di ciboleger untuk makan siang, perjalanan kami masih sangat jauh untuk sampai di ciboleger, tepat jam 2 siang kami sudah duduk di bis yang akan membawa kita ke Stasiun rangkasbitung, masih jelas ingatan kami semua tentang indahnya pemandangan di baduy dalam, sudah pasti kami semua akan merindukan keramahan penduduk baduy...

2 jam kemudian kami pun sampai di stasiun rangkasbitung, tepatnya jam 4 sore, saya dan nasta antri di loket untuk membeli tiket menuju jakarta, namun tiket yang tersedia hanya kelas ekonomi,tanpa AC, tanpa nomor kursi dan di sertai pengamen, tukang jualan beraneka macam... itu adalah kereta terakhir menuju jakarta, karena tidak ada pilihan lain, akhirnya kami membeli tiket tersebut, kereta pun datang, dari jauh sudah terlihat orang – orang yang bergelantungan di pinggir pintu, akhirnya kereta pun berhenti dan kami berhamburan masuk ke dalam gerbong, keadaan didalam gerbong sangat penuh sesak, jauh dari kata nyaman...

Kami berhimpitan sembari menyelamatkan barang berharga kami, orang – orang di dalam gerbong sepertinya aneh melihat penampilan kami yang sudah tidak karuan sepertinyaa.. hahahahhaha..

Kami berlima berdiri di pintu keluar, dekan dengan toilet yang semerbak harumnya, namun kami sangat menikmati perjalanan pulang, kami tertawa terbahak – bahak seolah tidak peduli dengan keadaan seperti itu, kami menceritakan hal – hal lucu yang patut untuk di tertawakan..hahhahahhaa...

Kami turun di stasiun permata hijau ( tepatnya lupa ), lalu kami melanjutkan perjalanan menggunakan bus transjakarta menuju halte cawang uki, pada saat masuk ke dalam bus transjakarta, kami melihat tatapan orang – orang yang sinis melihat kedatangan kami, maklum saja kami membawa ransel besar, kardus isi madu, baju lusuh, muka kumal, celana penuh lumpur, but we don’t care !

Akhirnya kami sampai di Halte cawang uki dan melanjutkan dengan mikrolet menuju kampus tercinta...

Petualangan yang sangat berkesan, ada banyak hal yang akan saya ceritakan untuk anak dan cucuku nanti .

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H