Mohon tunggu...
Sumawan
Sumawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universita Nurul Huda

Informatika

Selanjutnya

Tutup

Nature

Kisah Inspiratif Pengusaha Melon di Oku Timur yang Mengutamakan Kejujuran

29 Desember 2023   13:08 Diperbarui: 30 Desember 2023   11:55 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Di Kediaman Rumah Mas Ahmad Rivano Azidan (Dok. pribadi)

Ketekunan dan dedikasi seorang mahasiswa UNUHA kembali teruji dalam melaksanakan tugas akhir semester. Kali ini, dua mahasiswa berbakat, Sumawan dan Muhammad Ikshanudin, berhasil menyelesaikan proyek besar dalam mata kuliah kepemimpinan yang diikuti.

Mas Ahmad Rivano Azidan, Pemilik Usaha Melon Di Oku Timur, Purwodadi Yang Mengutamakan Kejujuran

Purwodadi - seorang pemuda di OKU Timur, baru-baru ini menginspirasi banyak orang lewat kisah suksesnya menjadi pengusaha melon. Pria yang akrab disapa Mas Ahmad Rivano Azidan ini memulai usahanya dari nol sebagai seorang karyawan bengkel biasa. 

Meskipun telah memiliki pekerjaan tetap, Mas Ahmad Rivano Azidan merasakan ada potensi besar dalam dirinya yang belum terwujud. Ia pun akhirnya memberanikan diri untuk berhenti dari pekerjaannya dan mencoba peruntungan di bisnis buah melon. Keputusan berisiko ini diambil karena Mas Ahmad yakin bahwa kesuksesan bukan semata tentang berani mengambil risiko, namun juga tentang bagaimana menempuh perjalanan bisnis dengan integritas dan kejujuran. 

Awalnya Mas Ahmad Rivano Azidan hanya belajar secara otodidak dari Youtube. Berkat tekad kuat dan pantang menyerah, usaha melonnya perlahan mulai tumbuh. Salah satu kunci utama di balik kesuksesan Mas Ahmad adalah komitmennya yang begitu tinggi pada nilai kejujuran. Meskipun terlibat di dunia bisnis yang rawan persaingan ketat dan kecurangan, ia memilih untuk selalu memberikan informasi jelas dan akurat kepada semua pelanggannya. 

Menurut Mas Ahmad Rivano Azidan, kejujuran dapat menciptakan kepercayaan, dan kepercayaan pelanggan adalah fondasi utama membangun bisnis jangka panjang yang sukses. Berkat reputasinya yang baik dan amanah, bisnis melon Mas Ahmad kini menjadi pilihan utama konsumen buah di OKU Timur dan terus berkembang pesat. 

Di balik kesuksesannya, Mas Ahmad Rivano Azidan juga dikenal sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Saat ini ia telah memiliki 2 orang karyawan yang dijalinhubungan erat layaknya keluarga. Mas Ahmad kerap turun langsung ke lapangan, terlibat dalam operasional sehari-hari bersama karyawannya. Ia ingin mengenal lebih dekat tantangan yang mereka hadapi dan mendengarkan masukan serta ide untuk memajukan bisnisnya. 

Bila ada konflik internal karyawan, Mas Ahmad Rivano Azidan selalu mendekati masalah secara bijak dan penuh empati. Ia berupaya mendengarkan kedua belah pihak secara objektif untuk mencari akar permasalahan. Jika pendekatan kekeluargaan yang diterapkan Mas Ahmad tidak berhasil menyelesaikan persoalan, terpaksa ia akan mencari pengganti karyawan yang bersangkutan. 

Diskusi Bersama Mas Ahmad Rivano Azidan (Dok. pribadi)
Diskusi Bersama Mas Ahmad Rivano Azidan (Dok. pribadi)

Melalui paduan kepemimpinan yang jujur, adil, dan kekeluargaan, kini bisnis Mas Ahmad Rivano Azidan terus melaju ke arah yang lebih makmur. Ia patut menjadi teladan bagaimana menjalankan bisnis bukan hanya demi mengejar keuntungan semata, namun juga dengan integritas tinggi dan kepedulian pada sesama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun