Mahasiswa Universitas Semarang melaksanakan penerapan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) pada PT KARKASINDO bergerak dibidang perdagangan yang menyediakan berbagai barang perkantoran. odoo sendiri  adalah sebuah perangkat lunak manajemen perusahaan yang terintegrasi dan open-source.Odoo menyediakan berbagai modul atau aplikasi yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.
Modul-modul ini dapat digunakan secara terpisah atau diintegrasikan satu sama lain, sehingga memungkinkan perusahaan untuk memiliki solusi manajemen terpadu yang mengotomatiskan proses bisnis dan meningkatkan efisiensi. Dengan mengenalkan sistem ini dapat berguna memantau kinerja penjualan secara keseluruhan.
Odoo adalah salah satu aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) sumber terbuka yang memiliki sistem operasional yang mudah dipahami dan menyediakan opsi gratis dan berbayar, sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menerapkan sistem ERP dalam usaha mereka. Kemudahan operasional Odoo ini sangat bermanfaat bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan juga Perusahaan, sehingga mereka dapat dengan lancar memahami sistem ini saat Mahasiswa Universitas Semarang memberikan penjelasan dalam penerapannya di PT KARKASINDO. Diharapkan sistem yang diterapkan ini akan terus digunakan seiring berjalannya waktu dan perkembangan usaha Perusahaan ini.
Dalam implementasi di PT KARKASINDO, terdapat upaya untuk meningkatkan pengelolaan barang masuk dan keluar, pengelolaan faktur penjualan dan pembelian (Invoice), serta Customer Relationship Management (CRM). Langkah-langkah ini didasarkan pada pemahaman akan proses bisnis yang ada di dalam perusahaan.
Tujuan utama implementasi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan barang masuk dan keluar. Selain itu, fokus PT KARKASINDO juga pada pengelolaan faktur penjualan dan pembelian (Invoice), dengan tujuan menyederhanakan proses administratif terkait transaksi penjualan dan pembelian. Selain itu, pentingnya memperkuat hubungan dengan pelanggan juga menjadi perhatian melalui penerapan Customer Relationship Management (CRM), yang membantu dalam memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan layanan yang lebih baik.
Implementasi ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan mengoptimalkan efisiensi operasional perusahaan. Komitmen PT KARKASINDO adalah terus mengembangkan dan memperbaiki proses bisnis guna memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.
"Kami sangat terinspirasi oleh semangat dan dedikasi para mahasiswa yang telah memperkenalkan aplikasi Odoo kepada kami di PT KARKASINDO. Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas dedikasi kalian dalam memperkenalkan aplikasi ini kepada kami. Kolaborasi ini memberikan harapan baru dan semangat yang kuat bagi perkembangan bisnis kami. Terima kasih atas kontribusi berharga yang kalian berikan, dan semoga kita dapat bersama-sama meraih kesuksesan!" - [PT KARKASINDO]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H