Mohon tunggu...
sultan maulana
sultan maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya sebagai mahasiswa, saya terlibat dalam berbagai kegiatan akademik dan non-akademik yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Di dunia akademik, saya aktif mengikuti kuliah, mengerjakan tugas, serta berpartisipasi dalam penelitian proyek kelompok. Selain itu saya juga sering sekali mengikuti seminar, workshop dan konferensi untuk memperluas wawasan dan jaringan. Diluar kegiatan akademik, saya memiliki minat besar dalam olahraga, karena dengan berolahraga bisa memberikan keseimbangan antara kegiatan belajar dan menjaga kesehatan fisikserta mental.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning dan Collaborative Learning

10 Juni 2024   20:16 Diperbarui: 10 Juni 2024   20:22 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

A. Pengertian Pembelajaran Cooperative Learning

Istilah kooperatif dan pembelajaran merupakan akar dari ungkapan pembelajaran kooperatif. Belajar adalah belajar, dan kerjasama adalah bekerja sama. Pembelajaran kooperatif, kemudian, adalah pembelajaran melalui proyek kelompok. Komunitas belajar ciri model pembelajaran kooperatif yang melibatkan pembentukan kelompok atau komunitas belajar.

      Pengertian model pembelajaran kooperatif, banyak ahli yang menawarkan keterbatasan sebagai berikut:

      Johnson dalam B. Santoso Pembelajaran Kooperatif diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dalam kelompok kecil, dimana siswa berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan belajar terbaik baik untuk pengalaman individu maupun kelompok.Sebaliknya.

Menurut Robert E. Slavin, pembelajaran kooperatif adalah suatu pendekatan pendidikan dimana siswa belajar dan bekerja secara kooperatif dalam kelompok kecil yang beranggotakan lima orang dengan struktur kelompok yang beragam.

Menurut Agus Suprijono, istilah "pembelajaran kooperatif" mengacu pada kegiatan kerja kelompok yang lebih luas, termasuk kegiatan yang lebih banyak dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru.

B.  Ciri-Ciri Pembelajaran Cooperative Learning

           Diantara ciri-ciri pembelajaran kooperatif adalah: Untuk menguasai topik akademik, siswa berkolaborasi dalam kelompok kooperatif. Anak-anak dalam kelompok dibagi menjadi tiga tingkat kemampuan: rendah, sedang, dan tinggi. Jika memungkinkan, anggota kelompok koperasi beragam dalam hal gender, etnis, dan budaya.

C. Unsur-Unsur Pembelajaran Cooperative Learning

Unsur yang ada dalam pembelajaran kooperatif:

Mendorong kontak interpersonal sebagai latihan kehidupan sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun