Mohon tunggu...
Sulis Rinawati
Sulis Rinawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa PPG Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024 LPTK Universitas Islam Sultan Agung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Langkah-Langkah Praktis Mengimplementasikan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi yang Berpihak pada Peserta Didik di Kelas

31 Desember 2024   08:36 Diperbarui: 31 Desember 2024   08:49 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta didik berkreasi secara berkelompok (Sumber: dokumentasi pribadi) 

Nama                          : Sulis Rinawati

Bidang Studi           : Matematika

Mata Kuliah            : Pembelajaran Berdiferensiasi

Dosen Pengampu : Nila Ubaidah, S.Pd., M.Pd.

PPG Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024

LPTK Universitas Islam Sultan Agung

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan belajar peserta didik yang memiliki kemampuan, minat, dan gaya belajar yang berbeda. Dalam kelas yang heterogen, strategi pembelajaran berdiferensiasi sangat penting untuk memastikan setiap peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang sesuai dengan potensinya masing-masing. Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat  meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas. Pembelajaran berdiferensiasi dapat berupa diferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan.

Berikut langkah-langkah praktis yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang berpihak pada peserta didik:

1. Mengenali Karakteristik Peserta Didik

Langkah pertama yang harus dilakukan guru adalah mengenali perbedaan individu dalam kelas. Setiap peserta didik memiliki latar belakang, minat, dan gaya belajar yang berbeda. Untuk itu, penting bagi guru untuk melakukan asesmen awal, baik itu berupa tes, observasi, atau wawancara dengan peserta didik untuk mengetahui karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. Asesmen awal memberikan gambaran tentang kemampuan akademik, gaya belajar, minat, dan kebutuhan khusus dari masing-masing peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun