Nama              : Sulis Rinawati
Bidang Studi      : Matematika
Mata Kuliah       : Pembelajaran Berdiferensiasi
Dosen Pengampu : Nila Ubaidah, S.Pd., M.Pd.
PPG Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024
LPTK Universitas Islam Sultan Agung
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan belajar peserta didik yang memiliki kemampuan, minat, dan gaya belajar yang berbeda. Dalam kelas yang heterogen, strategi pembelajaran berdiferensiasi sangat penting untuk memastikan setiap peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang sesuai dengan potensinya masing-masing. Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat  meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas. Pembelajaran berdiferensiasi dapat berupa diferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan.
Berikut langkah-langkah praktis yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang berpihak pada peserta didik:
1. Mengenali Karakteristik Peserta Didik
Langkah pertama yang harus dilakukan guru adalah mengenali perbedaan individu dalam kelas. Setiap peserta didik memiliki latar belakang, minat, dan gaya belajar yang berbeda. Untuk itu, penting bagi guru untuk melakukan asesmen awal, baik itu berupa tes, observasi, atau wawancara dengan peserta didik untuk mengetahui karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. Asesmen awal memberikan gambaran tentang kemampuan akademik, gaya belajar, minat, dan kebutuhan khusus dari masing-masing peserta didik.