Mohon tunggu...
Sulhan Qumarudin
Sulhan Qumarudin Mohon Tunggu... -

Ingin menjadi seorang penulis yang bisa menginspirasi orang lain, menjadi orang yang bermanfaat bagi banyak orang.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Meningkatkan Kinerja PLN untuk Masyarakat Pelanggan PLN

2 Oktober 2014   06:42 Diperbarui: 17 Juni 2015   22:42 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14121810921006402022

Meningkatkan Kinerja PLN untuk Masyarakat Pelanggan PLN

Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Sejak berdirinya PLN di Indonesia sampai saat ini telah memberikan manfaat yang tak terhitung bagi kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia. Agar kinerja PLN semakin baik dari tahun ke tahun, maka saya akan menyampaikan ide disebuah blog yang semoga bermanfaat yaitu : 1. PLN memberikan layanan atau respon bagi masyarakat secepat dan setanggap mungkin karena ketika sedang dibutuhkan masyarakat, terkadang tidak merespon sesegera mungkin. Terutama ketika ada pelanggan PLN mempertanyaan tentang pendaftaran dan pemasangan baru/perubahan daya, keluhan, laporan listrik padam, dll di akun jejaring sosial media resmi PLN yaitu facebook PLN 123 dan twitter PLN @pln_123 admin PLN terkadang lambat membalas pertanyaan/keluhan/laporan dari Pelanggan. terkadang lebih dari 10 menit bahkan 20 menit lebih tidak dibalas. 2. Untuk nomor panggilan PLN 123 tarif nya seminimal mungkin. Karena pada umumnya ketika terjadi listrik padam. Pelanggan akan menelpon PLN dengan ponsel, hal ini akan membutuhkan tarif yang begitu besar per menit nya. Misal ketika Pelanggan PLN memiliki pulsa di Ponsel Rp 10.000,- lalu telepon PLN dengan menambahkan kode area depan sebelum nomor 123. Setelah panggilan ke nomor telepon PLN diangkat kurang dari 10 menit Ponsel terputus sendiri bahwa menandakan pulsa di Ponsel habis. Bahkan ada yang kurang dari 5 menit pulsa di Ponsel habis. 3. PLN menyediakan Aplikasi bagi Smartphone (Misal OS Android dan Iphone) tentang pelayanan listrik, keluhan, laporan bagi masyarakat pelanggan PLN. Dengan adanya aplikasi PLN tersebut membuat kinerja PLN untuk melayani masyarakat semakin baik dan mudah. 4. PLN menyediakan ruang edukasi ditengah keramaian kota (Misal Ibukota setingkat provinsi). Yang mempunyai fasilitas tentang manfaat menghemat listrik, keunggulan listrik prabayar, cara menghemat listrik, cara kerja listrik dari pembangkit listrik hingga ke masyarakat. 5. Tiap tahun di Indonesia selalu ada pertambahan penggunaan daya listrik. Hal ini bisa menyebabkan cadangan listrik di Indonesia menurun. Agar cadangan daya listrik tetap terjaga, PLN mentargetkan tiap tahun ada penambahan pembangkit listrik/penambahan daya listrik di sumber pembangkit listrik. Misal 300 MW per tahun. Demikian ide yang saya sampaikan untuk PLN dengan mengikuti lomba dari PLN yang bertemakan "ideKu untuk PLN" di blog. Semoga bermanfaat bagi PLN dan masyarakat. Maju terus PLN untuk kehidupan yang lebih baik. sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_Listrik_Negara

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun