Mohon tunggu...
Sulasmi Kisman
Sulasmi Kisman Mohon Tunggu... Administrasi - Warga Ternate, Maluku Utara

http://sulasmikisman.blogspot.co.id/ email: sulasmi.kisman@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen | Egrang, Bakiak dan Keragaman Kita

3 Juni 2018   12:09 Diperbarui: 3 Juni 2018   12:15 856
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini kami, siswa-siswi SMP Insani Nusantara sangat berbahagia. Kebahagiaan ini merupakan perwujudan dari 100% kelulusan kami plus ragam hadiah yang kami dapatkan karena hampir sebagian siswa-siswi SMP kami memperoleh nilai tertinggi di Ujian Akhir Nasional. Sebut saja Afi yang memperoleh nilai tertinggi mata pelajaran IPA, ada Andrian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Yoseph pada mata pelajaran Matematika. Aneke teman kami dari Nusa Tenggara juga berhasil menjebol ruang-ruang kemenangan dalam UAN tingkat Nasional tahun ini. Sanjungan, puja-puji terlimpahkan untuk kami atas kemenangan yang sesungguhnya di luar dari dugaan.

Meskipun sebenarnya kepenatan pun juga kami rasakan. Bayangkan saja Try out kesatu yang dimulai Februari tepatnya hampir empat bulan lalu dan Try out ketiga di akhir bulan Maret cukup menguras energi. Pun terhitung sejak November tahun lalu, Pengelola Sekolah Insani Nusantara gencar membuka kelas khusus dengan bentuk BIMBEL (baca; bimbingan belajar) untuk memperkuat fondasi menyambut UAN yang cukup misterius bagaikan dinosaurus kelaparan di Film-film anak pada Minggu pagi.

Perlu diketahui, SMP Insani Nusantara merupakan salah satu sekolah swasta semi kedinasan yang terletak di Indonesia bagian tengah. Keberagaman adalah warna dari sekolah yang punya baju khusus berwarna cokelat susu dengan atasan kemeja kotak-kotak hitam ini. Kenapa keberagaman adalah warna? Ya perekrutan calon siswa/i dilakukan dengan memilih putera-puteri terbaik dari seluruh daerah di Indonesia.

Kebahagiaan kami siswa-siswi SMP Insani Nusantara semakin diperlengkap dengan banyaknya seremoni yang digalakkan pihak pengelola sekolah untuk merayakan kelulusan kami. Satu angkatan ini, hanya ada 33 orang yang secara tidak langsung merupakan perwakilan siswa/i terbaik atau putera-puteri terbaik di seluruh Indonesia, mulai pulau Weh sampai ke timur Indonesia membentang menyeluruh sampai wilayah 3T (baca; Terluar, Tertinggal dan apa yang satunya saya lupa hehehe).

**

Terlebih menarik adalah pagelaran permainan tradisional yang juga dirangkaikan dengan seremoni kelulusan. Minggu pagi di akhir bulan juni nanti akan diadakan Lomba egrang dan bakiak khusus untuk angkatan kami sungguh persembahan manis yang juga menggelitik dari pengelola sekolah. Aku tidak bisa membayangkan keramaian saat pemain egrang harus terjatuh berkali-kali untuk memainkan kaki menuju garis finish. Sepertinya tawa pingkal dari penonton akan meramaikan lapangan di minggu pagi nanti, bayang-ku sembari senyum-senyum sendiri.

Aku, Siti Rafika berasal dari Padang Pariaman harus belajar maksimal dari Yoseph sang juara matematika itu. Kelihaian Yoseph memainkan egrang tidak perlu diragukan lagi, kemampuannya disebabkan karena kaki-nya keseringan berjalan menyusuri bukit, lembah untuk pergi sekolah. 

Kabarnya, jarak Sekolah Dasar tempat Yoseph bersekolah dulu amat jauh dari rumahnya yang terletak di ujung barat Papua. Sehingga berjalan cepat pun juga lari marathon ada keahlian Yoseph apalagi jika hanya memainkan egrang di medan yang aman seperti di lapangan sekolah kami. "Itu hanya 'ujung kuku'" jawab Yoseph dengan remeh, artinya "masalah kecil yang gampang untuk dieksekusi".

**

Sebelum kami memulai lomba permainan tradisional pada minggu pagi itu, kami diberi sedikit wejangan dari pengelola sekolah yang juga merupakan Panitia penyelenggara seremoni kelulusan angkatan kami.

"Ya anak-anak SMP Insani Nusantara sekalian yang bapak cintai, sebelum memulai perlombaan ini izinkan bapak untuk sedikit bercerita"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun