Cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word tentunya perlu diketahui bagi kamu yang saat ini sedang membuat skripsi atau menyelesaikan karya tulis. Mengapa demikian? Hal ini bermanfaat untuk mempermudah proses pengerjaan karya tulis agar lebih cepat dan efisien.
Hacks berikut ini bermanfaat untuk mempersingkat waktu kamu agar tidak perlu mengetik satu persatu format penulisan daftar pustaka karena kamu bisa membuat daftar pustaka dalam sekali klik saja. Lalu bagaimanakah cara membuat daftar pustaka di word secara otomatis? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!
Perbedaan Format Daftar Pustaka APA dan CMS di Microsoft Word
Terdapat dua jenis format yang paling sering digunakan untuk membuat daftar pustaka di Microsoftword, yaitu format APA dan CMS.
APA (American Psychological Association Style)
Format APA Style ini sudah digunakan sejak tahun 1929 dan hingga kini masih sering digunakan para Akademisi termasuk di Indonesia.
Format penulisan:
Nama belakang pengarang, nama depan. (Tahun Terbit). Judul buku atau literatur. Kota penerbit: Penerbit.
Contoh:
Manampiring, H. (2019). Filosofi Teras. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
CMS (Chicago Manual of Style)
Format ini diterbitkan oleh Chicago University Press pada 2006. Beberapa negara masih menggunakan format penulisan daftar pustaka ini, terutama para Akademisi humaniora.
Format penulisan:
Nama belakang pengarang, nama depan pengarang. Judul buku atau literatur. Tempat terbit: Penerbit, Tahun terbit.