Sebelum menjalankan sebuah strategi pemasaran dalam bisnis, perlu untuk menganalisis keadaan internal terlebih dahulu. Hal tersebut untuk mengetahui kekuatan dan kelebihannya, karena segala peluang dan ancaman dapat mempengaruhi berjalannya suatu bisnis. Hasilnya akan membuat kita tahu, apa yang akan terjadi dan apa yang dapat membantu untuk memaksimalkan strategi pemasaran bisnis di pasar.
Melakukan Analisis Situasi Bisnis berarti menganalisis faktor internal dan eksternal yang sama-sama mempengaruhi perusahaan. Hal ini termasuk dalam mengidentifikasi kemampuan perusahaan, pelanggan yang potensial, lingkungan bisnis, dan dampak-dampaknya bagi perusahaan.Â
Analisis situasi bisnis merupakan hal penting bagi setiap perencanaan dan perlu ditinjau secara berkala untuk memastikan kelangsungan berjalannya sebuah bisnis. Berikut adalah faktor-faktor situasi bisnis yang perlu dianalisis.
1. Kekuatan
Hal ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi poin-poin kuat dari produk, pencitraan merek, dan program pemasaran, sehingga mengetahui apa yang harus dibangun dalam setiap perencanaan. Maksudnya begini, dalam pemasaran online misalnya perusahaan punya sebuah situs web yang kuat, maka dapat melakukan perencanaan yang lebih efektif dan dapat meningkatkan penjualan melalui situs web. Sedangkan dalam pasar tradisional atau supermarket, misalnya desain kemasaran produk perlu dibuat semenarik mungkin, karena ternyata tampilan luar produk sangatlah mempengaruhi pelanggan ketika memilihnya.
2. Kelemahan
Hal yang perlu dilakukan adalah menemukan letak-letak kelemahan pada produk, merek, dan program pemasaran dan bagaimana menghilangkannya. Misalnya saja perusahaan memiliki sebuah produk lama yang kalah saing dengan kompetitor baru.Â
Perusahaan menggunakan iklan baris di koran yang mungkin di mana peminat koran ternyata menurun karena berkembangnya media berita digital, sedangkan kompetitor menggunakan program iklan secara online melalui media digital tersebut. Maka harus mengusulkan dan melakukan perubahan untuk strategi periklanan yang digunakan.
3. Peluang
Analisis situasi bisnis perlu mencari peluang, seperti pasar pertumbuhan baru yang sedang atau akan tren. Maka harus mengikuti dan memiliki cara baru untuk menjangkau calon pelanggan potensial.
4.Ancaman
Hal ini termasuk perubahan eksternal yang dapat mengurangi penjualan dan keuntungan bisnis. Dan juga termasuk hal-hal yang dapat menyulitkan untuk mencapai pertumbuhannya. Ancaman umum termasuk situasi di mana teknologi baru menciptakan para kompetitor baru dan kompetitor besar yang dapat menyaingi dengan sumber daya yang lebih memadai. Bukan tidak mungkin hal tersebut dapat memangkas tingkat perkembangan bisnis perusahaan.
Setelah mengetahui bagaimana situasi dan bagaimana bisnis berjalan, analisis situasi bisnis ini dapat menjadi alat yang berguna untuk perkembangan perusahaan. Ini merupakan penambahan peluang untuk kemajuan bisnis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H