Mohon tunggu...
Sukowati
Sukowati Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Perencanaan Strategi dalam Membuat Pameran Expo

23 Oktober 2018   12:12 Diperbarui: 23 Oktober 2018   13:15 975
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika perusahaan Anda mau mengeluarkan banyak dana, waktu, dan tenaga untuk membuat sebuah pameran dagang / expo, sangat penting untuk memaksimalkannya agar mendapatkan hasil yang terbaik. Dan diperlukan berbagai macam strategi dan perencanaan yang baik agar pameran berhasil.

Pameran dagang dapat menjadi sebuah tempat di mana penjual dan pembeli saling bertemu. Tidak hanya sekedar itu, pengunjung datang ke pameran juga untuk belajar tentang produk dan ingin mendapatkan penawaran yang terbaik secara langsung. Tetapi dalam hal ini, akan ada banyak persaingan langsung di sekitar pameran diadakan, yang harus dilakukan adalah bagaimana cara agar stan atau booth Anda dapat lebih menarik banyak pengunjung. Berikut adalah berbagai macam strategi yang dapat dijadikan referensi dalam perencanaan membuat sebuah pameran.

1. Lokasi stan / booth

Mencari tempat yang strategis merupakan hal yang paling penting agar lebih mudah ditemukan oleh pengunjung, biasanya penyelenggara atau pemilik tempat pameran akan menawarkan harga yang lebih mahal untuk lokasi yang strategis. Jika Anda bersedia membayar harga yang lebih mahal tersebut, lebih baik memesannya pada jauh-jauh hari sebelum keduluan dengan penyewa yang lain. Dan jika memiliki rencana untuk membuat pameran secara rutin, adalah ide yang bagus untuk menyewa dalam jangka panjang sekaligus, yang mungkin bisa mendapatkan harga kontrak yang lebih murah.

2. Membuat desain yang menarik

Diperlukan membuat desain pameran yang menarik agar membuat stan lebih menonjol dibanding yang lain. Dan juga membuat pesan yang efektif agar mudah tersampaikan dan dapat dilihat dari segala arah, dalam jarak dekat ataupun jauh. 

Desain juga harus disesuaikan dengan tema pameran, image perusahaan, dan ide kreatif masing-masing. Dalam ide kreatif, dapat berinovasi dengan ide yang sudah pernah ada dan semakin mengembangkannya.

3. Staf dan pelayanan

Memiliki staf pelayanan juga diperlukan, agar dapat melayani dan menjawab para pengunjung yang mengajukan berbagai macam pertanyaan. Staf pelayanan yang profesional diperlukan agar mampu mempertahankan pengunjung, melayaninya dengan ramah, dan dapat meninggalkan kesan yang baik untuk mereka. Anda juga dapat menyediakan selebaran, brosur, pamflet, atau bahan bacaan lain agar pengunjung semakin mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang merek produk Anda.

4. Memberikan penawaran terbaik

Pastikan untuk memberikan penawaran yang terbaik untuk pembeli, karena hal itulah yang paling dicari oleh sebagian besar orang. Anda juga dapat memberikan diskon dan penawaran khusus. Membuat acara semacam kuisioner dengan memberikan hadiah bagi pemenangnya juga dapat menarik banyak pengunjung.

5. Menjangkau lebih banyak orang

Sebelum pameran dimulai, Anda dapat mempromosikannya melalui sosial media atau menyebarkan selebaran brosur, dan menginformasikan keterangan tempat dan waktu yang jelas. Undang orang-orang dan tawarkan hal-hal yang menarik bagi mereka agar membuat mereka ingin ikut mendatangi dan meramaikan pameran.

6. Membagikan Souvenir

Memberikan souvenir dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi dan juga sangat bermanfaat bagi siapa saja yang mendapatkannya. Anda dapat membagikan berbagai macam souvenir yang dapat digunakan untuk waktu lama, agar orang-orang dapat selalu mengingat merek Anda, seperti pulpen, paperbag, mug, usb  flashdisk dan sebagainya.

7. Reputasi penyelenggara

Perlu diketahui juga bahwa reputasi penyelenggara juga mempengaruhi pameran yang akan dibuat. Disarankan untuk memilih penyelenggara yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik pada pameran-pameran sebelumnya yang pernah diadakan, sehingga bisa memastikan pameran yang akan Anda buat mendapatkan hasil maksimal.

Setelah membuat sebuah pameran, hal lain yang jangan sampai terlewatkan adalah selalu melakukan evaluasi, hal ini diperlukan agar dapat menjadi masukan untuk berinovasi dan mengembangkan ide kreatif untuk kedepannya jika ingin membuat sebuah pameran lagi, jadi agar semakin lebih baik di kedepannya. Dan juga agar dapat mengetahui kelemahan-kelemahan dan memperbaikinya pada pameran berikutnya. Keberhasilan pameran dipengaruhi oleh banyak faktor, dengan mempelajari dan menerapkannya setiap diadakannya pameran, diharapkan dapat berkembang dan menjadi semakin lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun