Ketika perusahaan Anda mau mengeluarkan banyak dana, waktu, dan tenaga untuk membuat sebuah pameran dagang / expo, sangat penting untuk memaksimalkannya agar mendapatkan hasil yang terbaik. Dan diperlukan berbagai macam strategi dan perencanaan yang baik agar pameran berhasil.
Pameran dagang dapat menjadi sebuah tempat di mana penjual dan pembeli saling bertemu. Tidak hanya sekedar itu, pengunjung datang ke pameran juga untuk belajar tentang produk dan ingin mendapatkan penawaran yang terbaik secara langsung. Tetapi dalam hal ini, akan ada banyak persaingan langsung di sekitar pameran diadakan, yang harus dilakukan adalah bagaimana cara agar stan atau booth Anda dapat lebih menarik banyak pengunjung. Berikut adalah berbagai macam strategi yang dapat dijadikan referensi dalam perencanaan membuat sebuah pameran.
1. Lokasi stan / booth
Mencari tempat yang strategis merupakan hal yang paling penting agar lebih mudah ditemukan oleh pengunjung, biasanya penyelenggara atau pemilik tempat pameran akan menawarkan harga yang lebih mahal untuk lokasi yang strategis. Jika Anda bersedia membayar harga yang lebih mahal tersebut, lebih baik memesannya pada jauh-jauh hari sebelum keduluan dengan penyewa yang lain. Dan jika memiliki rencana untuk membuat pameran secara rutin, adalah ide yang bagus untuk menyewa dalam jangka panjang sekaligus, yang mungkin bisa mendapatkan harga kontrak yang lebih murah.
2. Membuat desain yang menarik
Diperlukan membuat desain pameran yang menarik agar membuat stan lebih menonjol dibanding yang lain. Dan juga membuat pesan yang efektif agar mudah tersampaikan dan dapat dilihat dari segala arah, dalam jarak dekat ataupun jauh.Â
Desain juga harus disesuaikan dengan tema pameran, image perusahaan, dan ide kreatif masing-masing. Dalam ide kreatif, dapat berinovasi dengan ide yang sudah pernah ada dan semakin mengembangkannya.
3. Staf dan pelayanan
Memiliki staf pelayanan juga diperlukan, agar dapat melayani dan menjawab para pengunjung yang mengajukan berbagai macam pertanyaan. Staf pelayanan yang profesional diperlukan agar mampu mempertahankan pengunjung, melayaninya dengan ramah, dan dapat meninggalkan kesan yang baik untuk mereka. Anda juga dapat menyediakan selebaran, brosur, pamflet, atau bahan bacaan lain agar pengunjung semakin mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang merek produk Anda.
4. Memberikan penawaran terbaik
Pastikan untuk memberikan penawaran yang terbaik untuk pembeli, karena hal itulah yang paling dicari oleh sebagian besar orang. Anda juga dapat memberikan diskon dan penawaran khusus. Membuat acara semacam kuisioner dengan memberikan hadiah bagi pemenangnya juga dapat menarik banyak pengunjung.