Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu... Dosen - Pensiunan

Aku hanya debu di alas kaki-Nya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Apa Itu Reflash ECU? | Dari Remap ke Modul: Penyetelan Sepeda Motor Dijelaskan

10 Juli 2023   12:28 Diperbarui: 10 Juli 2023   12:30 603
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
image: Motorcycle Remapping

Apa itu reflash atau remap ECU? Bagaimana cara kerja modul bolt-on seperti Power Commander atau Rapid Bike? Dan apakah mereka akan menyetel sepeda motor Anda agar lebih bertenaga, lebih ekonomis, dan memiliki respons throttle yang lebih baik? Kebenaran tentang penyetelan performa sepeda motor ...

Bagaimana cara kerja penyetelan sepeda motor?

ECU -- Electronic Control Unit -- adalah 'otak' elektronik sepeda motor. Seperti yang dilakukan otak manusia untuk kita, ECU sepeda motor menggunakan serangkaian sensor untuk terus memantau status tiga hal:

  • Mesin: Hal-hal seperti suhu air, kecepatan cam, kecepatan engkol, tekanan manifold, kadar O2 di knalpot, dll
  • Dunia luar: Seperti suhu sekitar dan informasi inersia dari sistem kendali traksi sepeda motor.
  • Masukan pengendara: Throttle, rem dan posisi gigi

Ini dilakukan untuk memastikan motor bekerja sesuai keinginan pengendara -- dalam parameter desainnya -- dengan mengeluarkan instruksi ke perangkat keras yang relevan seperti sistem injeksi bahan bakar dan waktu pengapian. Pada dasarnya, ECU mengendalikan mesin -- itulah mengapa disebut 'manajemen mesin'.

ECU memutuskan instruksi apa yang akan diberikan mesin dengan membandingkan berbagai input data dengan set tabel yang telah diprogram sebelumnya, atau 'peta', yang diisi dengan angka - seperti spreadsheet - dan kemudian memilih nilai dari peta tersebut untuk memberikan hasil yang diinginkan. Angka-angka ini, atau peta, sudah dipasang sebelumnya di pabrik, dan itulah yang diputuskan oleh produsen sepeda motor sebagai yang terbaik (atau termurah, atau termudah, atau kombinasi ketiganya) untuk Anda, pengendaraan Anda, sepeda motor Anda, bagian bawah garisnya, dan melewati berbagai tes lingkungan.

Kedengarannya cukup mudah -- ECU mengukur apa yang terjadi dan apa yang diinginkan pengendara, mencarinya, lalu mengeluarkan perintah untuk mewujudkannya. Jelas, ini semua terjadi ratusan kali per detik.

Tetapi instruksi ECU hanya sebagus informasi yang didapat dari sensornya, dan juga memiliki angka yang tepat di tabel. Dan di sinilah masalah dengan peta dan sensor standar dimulai ... karena apa yang kita inginkan sebagai pengendara tidak selalu seperti yang sebenarnya diberikan pabrikan kepada kita.

Apa yang salah dengan ECU standar saya?

ECU melayani tiga master: pelanggan, akuntan, dan pencinta lingkungan. Ia ingin membuat Anda, pelanggan, bahagia dan memberi Anda kekuatan dan kendali throttle yang Anda inginkan. Tetapi itu juga berusaha membuat pencinta lingkungan senang dan menjaga mesin dalam batasan uji emisi. Dan mencoba melakukan semua ini semurah, secepat dan sesederhana mungkin, untuk menekan biaya dan akuntan pabrikan senang.

Tuntutan ini seringkali bertentangan, dan berarti peta ECU hampir selalu merupakan kompromi. Sebagai pengendara, setelah kita membeli sepeda motor, kita tidak terlalu peduli tentang berapa biaya pemetaan ECU bagi pabrikan, berapa sedikit waktu yang mereka miliki untuk membuat pemrograman dengan benar, dan berapa banyak uji emisi yang dapat dilalui mesin. Yang kita inginkan hanyalah agar sepeda motor kita terasa nyaman digunakan dan menghasilkan performa sebanyak mungkin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun