Aspek-aspek perkembangan peserta didik meliputi fisik, intelegensi, emosi, bahasa sosial, keperibadian, moral dan kesadaran beragama.
Perkembangan fisik atau juga bisa disebut dengan pertumbuhan biologis (biologi growth) Â dari perkembangan tubuh diri sendiri yaitu perubahan pada tubuh seperti otak hormon dan lain-lain
Intelegensi adalah kemapuan, seperti kemampuan berfikir yang dimilikinya yang bisa atau mungkin untuk dapat berfikir secara abstrak. Siswa yang mempunyai atau memiliki intelegensi yang baik atau bagus dia akan lebih mudah dan cepat untuk menerima suatu pelajaran yang telah di terangkan atau di paparkan oleh guru.
Emosional dalam perkembangan peserta didik adalah juga termasuk aspek, seperti luapan perasaan seseorang siswa atau siswi ketika mereka berintraksi dengan orang lain,
Emosional atau emosi-emosi tersebut pada diri seseorang ,contoh seorang anak-anak yang melihat prilaku orang dewasa, ketika orang dewasa yang di lihat anak tersebut berprilaku lucu maka si anak akan tertawa atau tersenyum.
Perkembangan bahasa yang terdapat pada aspek-aspek perkembangan peserta didik ini adalah kemampuan yang dimiliki anak, ini adalah kemampuan dasar sesuai dengan tahapan usia dan karakteristik perkembangannya.
Moral juga termasuk aspek-aspek dalam perkembangan peserta didik yaitu suatu proses pembelajaran dengan peserta didik yang mampu atau bisa memahami dirinya sendiri.
Perkembangan agama adalah merupakan perkembangan yang bersifat berkelanjutan dari usia sebelumnya, jika perkembangan ini tidak di perhatikan dengan benar dan baik, maka tidak mendapat edukasi yang benar,dan akan mengalami  ganguan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H