Mohon tunggu...
Sukmawati
Sukmawati Mohon Tunggu... Jurnalis - Bukan siapa-siapa

Suka melancong

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Om Yon Bayu, Mau Jadi Novelis atau Seniman?

8 November 2023   10:01 Diperbarui: 8 November 2023   10:12 235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Kalau bikin novel itu nafasnya harus panjang, mas Yon hebat, saya saja belum mampu bikin novel," kata Pak Thamrin Dahlan Kompasianer Senior juga pensiunan Polri, pada Minggu, 29 Oktober 2023 di Lantai 4 Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) Gedung Ali Sadikin Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Dokpri Bersama kedua bos2 saya yang baik hati.
Dokpri Bersama kedua bos2 saya yang baik hati.

"Apalagi saya pak," imbuh saya kala itu. Seperti diketahui hari itu akan menjadi hari yang selalu dikenang tak hanya oleh saya, pastinya oleh si empunya novel Om Yon Bayu Wahyono, atau mungkin para undangan lainnya.

Betapa tidak, karena di hari tersebut Om Yon me-launching dua Novelnya yaitu PRASA dan KELIR sekaligus dibedah habis-habisan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya, seperti pak Isson Khairul Kompasianer Senior, juga pemerhati sastra dan pak Sunu Wasono dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. 

Sementara Ibu Retno Budiningsih membaca Nukilan KELIR, dan Nukilan PRASA dibacakan oleh Ibu Devie Matahari. Bertindak sebagai moderator adalah Ibu Nuyang Jaimee, sedangkan MC oleh tokoh penyair TIM Bapak Nanang R Supriyatin. 

Selain itu undangan yang hadir di luar ekspektasi, cukup banyak. Karena setahu saya undangan 50 kuota, yang hadir sekitar 100 orang dari berbagai elemen meskipun mayoritas kompasianer yang bernaung di komunitas Click. Luar biasa bukan? 

Kata saya sih, beberapa teman penulis banyak yang antusias juga penasaran, maklum Om Yon itu cukup terkenal dalam dunia literasi selain sosoknya yang friendly.

Namun banyaknya undangan yang hadir sempat membuat saya deg-degan, lah kok bisa? Apa hubungannya? Baca tuntas ya kakak kakak hehehe...

Iya, karena sebelum hari yang dinantikan tiba, pada 30 September 2023, saya diundang Om Yon (biasa teman-teman menyapa seperti itu) menghadiri launching buku di daerah Depok, disana Beliau menyampaikan kepada saya, jika nanti (tanggal 29 Oktober 2023) akan me-launching novelnya. Sembari bergurau "Saya sudah cocok belum jadi seniman?" Tanya Om Yon kala itu, entah apa maksudnya. Selidik punya selidik, rupanya yang hadir di acara tersebut banyak seniman senior pun sastrawan selain penulis.

Om Yon kembali menghubungi saya pada 13 Oktober 2023, untuk membuat schedule ketemu beberapa teman-teman dalam acara pra launching. Besoknya 14 Oktober 2023 menjadi hari yang disepakati. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun