Mohon tunggu...
Maskatno Giri
Maskatno Giri Mohon Tunggu... Guru - 🌄©Mas Guru B.INGGRIS SMA,The Alumnus of English P PS UNS SURAKARTA

🌄Sukatno Wonogiri, known as Maskatno Giri, the alumnus of English P PS UNS Surakarta, the owner of sukatnowonogiribelajar.blogspot.com: a learning blog for his students

Selanjutnya

Tutup

Diary

Mendapatkan Penghasilan Tambahan, Bisa!( Earning Additional Income. Yes we can!)

6 Agustus 2024   20:51 Diperbarui: 7 Agustus 2024   05:16 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Tidak bermaksud untuk menyombongkan diri, sebenarnya penghasilan saya sebagai guru ASN yang sudah bersertifikasi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari( I don't mean to be arrogant, actually my income as a certified ASN teacher is enough to meet my daily needs.). Namun saya didukung istri bertekad untuk mendapat tambahan  penghasilan (However, my wife supported me and was determined to earn additional income ).

Mendapatkan tambahan penghasilan adalah tujuan yang sering diinginkan oleh banyak orang termasuk saya sendiri ( Getting additional income is a goal that is often desired by many people, including myself ). Ada beberapa motivasi  saya  mungkin termasuk Anda, kenapa   ingin mendapatkan tambahan penghasilan (There are several motivations, perhaps you! why we want to earn additional income ). Berikut ini kisah nyata yang memotivasi saya dan istri ingin mendapatkan tambahan penghasilan ( The following is a true story that motivates my wife and  me to earn additional income )

Beberapa hari yang lalu,  salah satu tetangga saya bersama cucunya datang ke rumahku tujuannya meminjam uang seratus ribu rupiah untuk kebutuhan harian ( A few days ago, one of my neighbors and his grandson came to my house to borrow  money one hundred thousand rupiah for daily needs ). Lalu aku bersama istriku sudah kompak menyampaikan tidak perlu hutang kami berniat untuk menyedekahkan ( Then my wife and I were in one opinion  in saying that there was no need for debt, we intended to give as "sedekah" ).

Sekitar seminggu kemudian ada  sahabat  saya mengirim pesan via WA  juga mau meminjam uang satu juta rupiah untuk modal jual bakso cilok ( About a week later a friend of mine sent a message via WA and wanted to borrow one million rupiah for capital to sell cilok meatballs ). Saya tahu bahwa sahabat saya itu orangnya sangat baik dan dapat dipercaya ( I know that my friend is a very good and trustworthy person ). Keyakinan saya  bahwa dia sangat membutuhkan modal (My belief is that he really need  capital). Akhirnya kuundang dia di malam harinya supaya langsung datang ke rumahku  dan kusampaikan uang sudah kusiapkan (Finally I invited him in the evening to come straight to my house and told him I had prepared the money).

Betul bakda  sholat isa  sobat saya datang untuk mengambil uangnya  dan menyampaikan dia korban PHK (It's right, during the Isa prayers, my friend came to take the  money and  he told me that he was the  victim of layoffs/PHK ). Dia juga menyampaikan karena faktor usia tidak berniat untuk melamar kerja ( He also said that because of his age he did not intend to apply for a  work ). Maka dia memutuskan untuk berjualan  bakso cilok keliling (So he decided to sell cilok meatballs by riding around).

Dari dua peristiwa di atas semakin  memotivasi saya bahwa saya harus mengoptimalkan potensi diri untuk bisa mendapat uang tambahan ( Based on the two events above , it  can motivate me that I have to optimize my potential to earn extra money). Salah satu alasannya dengan memiliki penghasilan tambahan saya  bisa berbagi (One of the reasons is that by having additional income I can help others ). Saya meyakini bahwa saya  masih  bisa dioptimalkan untuk mendapat tambahan penghasilan, sedangkan  banyak orang sudah merasa buntu tidak bisa dioptimalkan  (I believe that I can still be optimized to get additional income, whereas many people already feel stuck and cannot be optimized ).  Faktor kebuntuan mereka  karena banyak hal, relasi, usia, keterampilan dsb. ( Their deadthingking factors are due to many things, relationships, age, skills, etc )

Saya pikir banyak sekali  orang  termotivasi untuk berpenghasilan lebih dengan berbagai multivariasi alasan ( I think a lot of people are motivated to earn more for a various reasons ): Karena ingin berbagi, ingin melunasi hutang, membeli mobil mewah, punya rumah bagus dll ( Because  they want to help others, want to pay off debt, buy a luxury car, have a nice house, etc ).

Saya termotivasi belajar dengan para motivator bisnis via on line dan  google bagaimana cara mendapatkan tambahan penghasilan ( I am motivated to learn from business motivators via online and Google how to earn additional income ). Lalu saya  merangkum dalam   beragam cara mendapatkan tambahan penghasilan, dan beberapa di antaranya sudah kupraktikkan ( Then I summarized the various ways to earn additional income, some of which I have put into practice):

Melakukan investasi. (Doing investment). Misalnya, investasi sektor properti dapat memberikan pengembalian yang menguntungkan ( For example, property sector investments can provide profitable returns ). Pengalaman saya pribadi saya pernah membeli tiga kavling tanah seharga kurang dari 150 juta rupiah dalam jangka sekitar  sepuluh tahun bisa untung lebih dari lima ratus  juta rupiah. Di antara tanah saya berlokasi sangat strategis ( In my personal experience, once I  bought three plots of land for less than 150 million rupiah in a period of around ten years,  I got a profit  more than  five hundred millios of rupiah. One of  my lands is very strategically located).

Menjalankan bisnis sampingan ( Running a side extra business).   Memulai bisnis sampingan adalah cara lain untuk mendapatkan tambahan penghasilan (Beginning  a side extra business is an alternative way to get extra income).  Salah satunya saya  menjalankan  usaha   toko kelontong  kecil-kecilan: menjual gas LPG, gula  etc ( One of them is that I run a small grocery store business: selling LPG gas, sugar, tea  etc )

Mendapat penghasilan dari menulis di media masa   ( Getting extra money by writing through mass media off line) . Saya beberapa kali mendapat uang dari  menulis artikel di media lokal  ( I have earned money several times by writing articles in local media).  Kalau anak saya karena jurusan kuliahnya "advertising " bisa menambah penghasilan secara freelance di  beberapa perusahaan ( My daughter is part timer, because of  her  college major is "advertising",  she can increase her addinitional  income by freelancing at three companies ).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun