[caption id="attachment_183420" align="aligncenter" width="512" caption="Situs Resmi Lady Gaga (sumber: ladygaga.com)"][/caption]
Bisa tidaknya konser Lady Gaga masih menjadi perdebatan. Lepas dari sosoknya yang kontroversi, ada beberapa pelajaran yang bisa kita petik dari Lady Gaga, terutama dalam kaitan dengan tips menulis atau tips ngeblog.
Tips ngeblog atau menulis apa saja yang bisa kita pelajari dari Lady Gaga? 1.Optimalkan social media
Lady Gaga termasuk artis yang tau benar keampuhan social media. Karena itu dia menangani dengan sangat serius. Tak mengherankan jika follower Lady Gaga di Twitter berjumlah lebih dari 24,5 juta. Lady Gaga adalah orang pertama di dunia yang mendapat follower 10 juta, dan kemudian 20 juta. Di Facebook, dia memiliki lebih dari 51 juta penggemar. Dia tergolong rajin berkicau di Twitter dan mengupdate status di FB.
Sebagai blogger, mengoptimalkan social media kini menjadi hal wajib. Kini rata-rata blogger juga berkicau di Twitter dan punya akun Facebook. Menyebarkan link tulisan di jejaring sosial kini mutlak dilakukan, terutama jika ingin tulisan yang dibuat lebih menyebar.
Tentu, Anda tak perlu terobsesi menjadi seperti Lady Gaga, yang follower di Twitter berjumlah puluhan juta, hehehe. Yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan jejaring sosial untuk menyebar-luaskan tulisan yang dibuat. 2.Inovatif
Lady Gaga (atau pihak yang ada di manajemennya) sangat inovatif menangani multi media. Untuk Twitter, misalnya. Mereka menciptakan hashtag khusus untuk tiap kota yang akan didatangi. Misalkan Lady Gaga akan konser di kota Las Vegas, diciptakanlah hashtag khusus yakni #gagavegas. Dengan demikian tercipta keterikatan antara penggemar di kota tertentu. Lady Gaga juga biasa menggelar semacam kontes review konser. Siapa pembuat review terbaik mendapat CD album terbaru yang ditandatangani.Setiap konser, manajemen Lady Gaga meminjamkan 50 kamera video kepada penggemar terpilih. Penggemar ini dipersilahkan membuat video konser sesuai selera. Ketika konser berakhir, para penggemar mengembalikan kamera video dan mendapat imbalan CD asli yang ditandatangani. Video hasil rekaman penggemar itu kemudian diedit dan disebar-luaskan ke sejumlah situs video seperti youtube.
Sebagai blogger, inovasi itu penting. Selain tema dan jenis tulisan, sesekali blogger juga bisa memberi ‘hadiah’ untuk pembaca. Misalnya dengan menggelar kontes berhadiah (seperti yang sementara dilakukan rumahkayu yang menggelar kontes menulis cerita silat). Sekalipun kontesnya sederhana, namun hal semacam itu bisa mempererat hubungan pertemanan dengan sesama blogger/kompasianer atau pembaca.
Di luar negeri, banyak blogger yang melakukan inovasi guna memperlebar cakupan dan pesan yang dibuat. Antara lain dengan mengubah konten teks/tulisan di blog menjadi slide, dan kemudian dipublikasi di situs khusus slide (seperti slideshare.com). Atau menambahkan gambar pada intisari tulisan dan dibuat slide. Slide ini bisa dikonversi menjadi video dan kemudian dipublikasi di Youtube. Atau menyunting sejumlah tulisan dan dijadikan ‘white paper’ atau ebook dan kemudian dipublikasi di dunia maya dan masih banyak lagi.
3.Bekerjasama dengan pihak lain
Begitu album barunya diluncurkan, Lady Gaga menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan pihak lain. Misalnya dia bekerjasama dengan Zinga dan menciptakan game GagaVille, yang terinspirasi dari FarmVille. Dia menjalin bekerjasama dengan Starbucks, menampilkan tayangan eksklusif di  VEVO, konser khusus di HBO, melakukan promosi di  iTunes, Best Buy dan masih banyak lagi.