Jambore GTK Hebat adalah sebuah acara besar yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) sebagai bentuk apresiasi untuk para pendidik di seluruh Indonesia. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2024, dan bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah berinovasi serta berdedikasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Dengan mengusung tema "Guru Hebat, Indonesia Maju," Jambore GTK Hebat menjadi wadah bagi para pendidik untuk berbagi pengalaman, praktik baik, dan inspirasi kepada sesama guru dan tenaga kependidikan. Selain itu, kegiatan ini menjadi kesempatan bagi para pendidik untuk meningkatkan kompetensinya melalui berbagai kegiatan yang berbasis pada prinsip-prinsip kolaboratif dan reflektif.
Tujuan Jambore GTK Hebat
Salah satu tujuan utama Jambore GTK Hebat adalah untuk memantik proses belajar antar guru dan tenaga kependidikan. Melalui acara ini, diharapkan peserta dapat saling menginspirasi dan berbagi praktik baik yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah masing-masing. Hal ini akan mendorong terjadinya transformasi pembelajaran yang berkelanjutan di seluruh Indonesia.
Prinsip Jambore GTK Hebat
Acara ini dilaksanakan dengan berpedoman pada beberapa prinsip utama yang mencerminkan esensi dari kegiatan pembelajaran dan pengembangan kompetensi guru, antara lain:
Autentik  Peserta diminta untuk menyajikan portofolio karya asli yang didasarkan pada pengalaman nyata yang telah mereka lakukan sebagai guru atau tenaga kependidikan.
Kolaboratif  Kegiatan ini bertujuan memantik proses belajar kolektif dalam komunitas untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan.
Berbagi  Jambore ini mendorong para guru dan tenaga kependidikan untuk menyebarluaskan praktik baik yang mereka terapkan kepada rekan sejawat dan masyarakat luas.
Bermakna  Peserta diajak untuk membangun proses belajar yang reflektif dan relevan sesuai dengan tugas masing-masing serta menemukan solusi implementatif untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran.
Memfasilitasi Guru dan tenaga kependidikan diberikan ruang untuk menyebarkan praktik-praktik baik yang dapat berdampak pada transformasi pembelajaran yang lebih luas dan berkelanjutan.