Revolusi indutri 4.0 telah yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang begitu masif  telah membawa dampak diberbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam aspek pendidikan. Salah satu teknologi yang terus berkembang dan banyak dimanfaatkan adalah adanya artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat dimanfaatkan untuk membantu berbagai aktivitas manusia tidak terkecuali dalam bidang pembelajaran. Pemanfaatan AI dalam pembelajaran salah satunya adalah dapat digunakan dalam membantu pembuatan bahan ajar bagi pendidik atau guru.
Bahan ajar harus ikut bertransformasi dengan memanfaatkan teknologi dan informasi sebagai basis utama dalam pengembangannya, hal ini dikarenakan bahan ajar manual sudah tidak lagi sesuai dengan perkembangan jaman dan kehidupan sehari-hari peserta didik. Oleh sebab itu media ajar yang digunakan guru juga harus dapat menyesuaikan perkembangan teknologi. Salah satu cara pembuatan bahan ajar digital yang dapat digunakan di era digital adalah pembuatan bahan ajar digital dengan berbantuan AI. Inovasi perkembangan media ajar berbasis AI sangat dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran di era 4.0. sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran di era digital.
Permasalahanya adalah tidak semua guru memahami pembuatan bahan ajar dengan berbantuan AI, mengingat belum semua guru mengerti dan memahami cara dan mekanisme penggunaan AI untuk membantu dalam pembelajaran khususnya dalam membuat bahan ajar digital. Hal ini tentu saja hal ini menjadi hambatan bagi guru dalam mengemas pembelajaran yang relevan dengan tuntutan revolusi industri 4.0. Sehingga guru-guru hanya memanfaatkan buku-buku tertentu sebagai sumber kegiatan mengajar tanpa inovasi dan adaptasi dengan perkembangan teknologi. Kondisi pembelajaran yang demikian jelas membuat siswa kurang bergairah dan menimbulkan kejenuhan dalam belajar.Â
Berdasarkan permasalahan tersebut, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatan AI dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0.  Kegiatan ini merupakan  kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun tema yang diangkat adalah pelatihanpembuatan bahan ajar berbantuan AI bagi guru yang dilaksanakan di di SMP Negeri 14 Jakarta. Kegiatan Pengabdian ini dilaksankan oleh dosen dari Fakultas Ilmu Sosial UNJ yang di ketuai oleh Dr. Sujarwo, M.Pd.Â
Pada kegiatan ini Dr. Sujarwo, M.Pd selaku ketua tim pengabdian kepada masyarakat menekankan akan pentingnya guru terus meningkakn kompetensinya dan beradapatasi dengan perkembangan teknologi, terutama penggunaan AI telah banyak digunakan, bahkan siswa sekarang cenderung lebih percaya dengan AI, oleh sebab itu guru jagan sampai kalah dan terdisrupsi oleh adanya AI. Sejalan dengan hal tersebut, Eni Minarni, M.Pd menyambut baik akan adanya kegiatan ini, dan berharap ke depan UNJ dapat terus memberikan pelatihan sejenis guna meningkatkan kompetensi guru di SMP 14 Jakarta.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI