Revolusi industri 4.0 telah mendorong adanya revolusi dalam bidang pendidikan yang dicirikan dengan adanya transformasi digital, sehingga kegiatan pembelajaran dituntut untuk mengurangi penerapan metode ceramah dan meningkatkan proporsi aktivitas mengonstruksi pengetahuan oleh peserta didik menggunakan media pembelajaran yang inovatif dengan penggunaan media pembelajaran berbasis digital.
Penerapan Kurikulum Merdeka membekali kompetensi sekaligus karakter yang diharapkan peserta didik memiliki sikap dan kemampuan yang sesuai dengan kondisi kemajemukan bangsa dan perkembangan teknologi.
Kurikulum Merdeka mensyaratkan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah dengan tujuan meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan untuk pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang sesuai dengan standar kompetensi lulusan pada setiap satuan pendidikan yang tercermin dalam Profil Pelajar Pancasila (PPP).
Seiring hal tersebut, dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru harus sesuai dengan perkembangan teknologi dan kurikulum merdeka diharapkan pendidik dapat mengemasnya dalam bentuk yang menarik dengan memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar yang relevan dengan kebutuhan peserta didik agar dapat mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.
Melalui LKPD diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan membantu peserta didik dengan menstimulasi peserta didik menjadi lebih aktif, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning), menyuguhkan pengetahuan yang holistik (tematik), dan memberikan pengalaman langsung (direct experience) kepada Peserta didik.
Sehingga LKPD dirasa efektif dan dapat mengasah kemampuan peserta didik lebih aktif dan mendalam, serta dapat lebih menyerap nilai-nilai pembelajaran yang disampaikan melalui LKPD.
Berdasarkan fakta di lapangan terdapat kecendrungan masih banyak guru membuat LKPD yang bersifat konvensional atau paper print dan belum berbasis digital yang terpaku pada sumber materi yang terdapat dalam buku teks mata pelajaran yang diajarkan, sehingga diperlukan suatu inovasi dalam pengembangan LKPD yang berbasis digital dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik dengan tidak melupakan nilai karakter dalam implementasinya.
Kompetensi guru harus terus diupgrade sehingga dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran yang terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan kurikulum dan teknologi.
Metode yang digunakan dalam upaya meningkakan kompetensi guru tersebut adalah melalui kegiatan pemberdayaan guru dalam mengembangan media lembar kerja peserta didik berbasis digital bermuatan nilai karakter dalam kurikulum merdeka.
Melihat permasalahan tersebut, Universitas Negeri Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi yang mencetak calon guru di Indonesia tentu memiliki kepedulian dan turut aktif dalam dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.
Oleh sebab itu, melalui kegiatan Tridaharma Perguruan Tinggi pada bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  berupaya untuk  meningkatkan kemampuan dan kualitas guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan tuntutan pembelajaran pada revolusi industri 4.0. melalui kegiatan pelatihan berupa workshop pembuatan LKPD digital bermuatan karakakter bagi guru SMP Negeri 30 Jakarta.