Berubah dari perusahaan pelayaran menjadi perusahaan jasa pelayaran, Â Pelni melakukan berbagai manuver pelayanan dan bisnis perusahaan. Perubahan menjadi perusahaan jasa pelayaran, menjadikan kapal Pelni tampil lebih ciamik, Â berbagai pernak pernik pelayanan mulai disediakan BUMN transportasi laut ini. Penampilan terbaru penampilan pramugari cantik di semua kapal yang singgah di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.
Pramugari berbusana dominan biru dipadu warna  putih, melambangkan laut. Paduan  biru  putih cerah,  topi pelaut syal putih biru di leher menambah cantiknya penampilan. Pramugari cantik di kapal Pelni tampil menarik di pintu masuk terminal dan di dekat tanggap naik kapal. Mereka akan menyambut setiap pelanggan dengan ramah, sopan dan senyum khas penuh hospitality.
Keberadaan pramugari di kapal Pelni melengkapi  layanan yang sudah ada dan untuk memadukan berbagai fasilitas di kapal yang sudah dipermak. Tempat tidur kelas ekonomi kini tampil bertingkat tidak lagi terkesan barak. Minigym, jogging track, lapangan tenis meja, tempat bermain bagi  anak-anak, live musik,  ruang rapat kecil, ruang rapat besar ada di kapal Pelni dikemas modern, menjadi fasilitas dapat dipergunakan untuk kegiatan posisitf selama pelayaran.
Fasilitas ini salah satunya di kapal motor (KM) Kelud  Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai-Belawan yang dapat dipergunakan pada saat diam maupun saat berlayar. Pelanggan kapal dapat menggelar berbagai event reuni, ulang tahun, hingga rapat resmi di kapal. Semua kapal Pelni dilengkapi AC, dan peserta dijamin betah bergembira di kapal Pelni.  Rombongan kecil hingga jumlah acara pernikahan 500 orang bisa difasilitasi Pelni.
Sebagai tenaga kerja di perkebunan, pekerja bangunan di proyek-proyek di luar negeri, tentu  kocek mereka terbatas. Mereka memilih kapal laut untuk membawa keluarga, barang yang banyak dan tidak ada pesawat yang langsung ke daerahnya yang umumnya pulau-pulau kecil. Mereka memilih kapal laut sebagai trasnportasi utama. Selain itu di pulau-pulau warga umumnya  tinggal di dekat pelabuhan. Nenek moyang kita orang pelaut, anak cucu umumnya tinggal di daerah pesisir tidak jauh dari laut agar mudah akses.
Transformasi bisnis dan budaya perusahaan terus dipecut Pelni untuk menyongsong dan  meningkat bisnis dan layanan.  Pelni kini bukan sekedar perusahaan pelayaran, namun telah berubah menjadi perusahaan jasa. Sebagai perusahaan jasa Pelni mulai bermitra dengan sejumlah BUMN dan swasta untk meningkatkan pelayanan dan meningkatkan bisnis.
Pelni akan meningkatkan bisnis  wisata bahari yang dirintis sejak 2014, dan memberikan harapan masa depan lebih baik. Untuk meningkatkan akses pelanggan wisata bahari, Pelni bermitra dengan Garuda Indonesia dan Perum DAMRI. Trasnportasi darat dan udara dipadukan untuk dapat mendukung kemasan wisata bahari, wisata daratan dan dapat diakses lebih mudah dengan pesawat udara. Sinergi ini diharpkan memberikan kemudahan dalam pelayanan wisata.
Pelni telah menawarkan beberapa paket wisata ke Raja Ampat, Karimunjawa, Wakatobi, Bandanaeira dan Labuan Bajo. Dengan menggarap sektor wisata varian bisnis Pelni tidak sekedar melayani pelanggan kapal penumpang trayek Nusantara dan kapal perintis, namun Pelni kini berbisni jasa pelayanan wisata. Dengan mengoptimalkan kapal-kapal Pelni yang singgah di berbagai pulau eksotik, kapal laut menjadi sarana akses utama dan dapat menjadi  akomodasi, hotel terapung wisata bahari.
Untuk para wisatawan  ke Karimunjawa, teresedia pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang secara rutin setiap Jumat malam kembali Ahad sore. Paket ini juga sudah dipadukan dengan pesawat Garuda Indonesia, sehingga penumpang dari berbagai kota di seluruh tanah air dapat menggunakan pesawat Garuda, lalu menggunakan kapal Pelni untuk berwisata di Pulau Karimunjawa, pulau indah di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.