Mohon tunggu...
Muhammad Suhud
Muhammad Suhud Mohon Tunggu... -

Lahir di Aceh, 18 Juni 1966, alumni Fakultas Ekonomi, UIA Jakarta. Sejak tahun 1990 bekerja di sebuah NGO Nasional, Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita, saat ini sebagai Manajer Sekretariat dan Koordinator Divisi Audio Visual. Sudah banyak memproduksi video untuk pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Pelajaran dari Negeri Singa

4 Oktober 2012   04:25 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:17 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kota itu begitu bersih, tertata rapi, tidak ada satu sampahpun yang mengotori jalanan. Lalu lintas sangat tertib, tidak banyak motor yang berseliweran di jalanan, hanya satu-dua saja yang melintas diantara mobil-mobil pribadi dan bus kota. Pohonan rimbun dan rerumputan hijau yang terpelihara rapi menghiasi sisi-sisi jalan raya.

Pagi itu kami 8 orang dari Asosiasi PPSW (Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita) dan 7 orang dari CAS-UI (Center of Ageing Studi-Universitas Indonesia) sedang berjalan dari Hotel Nostalgia tempat kami menginap, menyusuri trotoar Tiong Bahru Road, Singapura, menuju halte bus terdekat. Tidak terlalu lama menunggu di halte yang sangat rapi dan bersih bus kota nomor 31 yang kami tumpangi datang, berhenti tepat di depan kami. Satu persatu penumpang naik melalui pintu depan, setiap penumpang harus menempelkan kartu EZLink di depan sensor alat yang disediakan. Dengani kartu itu setiap penumpang membayar bus. Dilayar monitor alat tersebut terlihat saldo kartu penumpang.

Kartu EZLink mirip katu ATM yang mengandung magnit, kami beli seharga S$12 (12 dollar Singapura) di loket MRT (mass rapid transit), yang bisa digunakan untuk membayar bus kota dan MRT, masa berlakunya 50 tahun. Saldo minimal yang harus tersisa di kartu adalah S$ 5, dan bisa diisi ulang di tempat yang mirip ATM, yang tersedia di tiap-tiap stasiun MRT. Dengan memasukkan koin atau uang kertas pecahan kedalam mesin yang disediakan dan mengikuti petunjuknya. Didalam bus juga rapi, penumpang tertib duduk tidak berdesak-desakan seperti didalam bus kota Jakarta. Tidak terasa sudah 2 halte bus yang kami lewati, dan kami harus turun di balte bus ketiga untuk menuju kantor TSAO Foundation di Central Plaza, masih di Tiong Bahru Road.

Bus berhenti di halte, penumpang bergantian turun lewat pintu belakang, sebelum turun setiap penumpang harus menempelkan lagi kartu EZLink-nya ke alat khusus sebagai batas akhir perjalanan dengan bus tersebut, kalau lupa menempelkan maka akan dihitung jarak terjauh. Di layar monitor kembali terlihat saldo nominal kartu tsb.

Central Plaza terletak di seberang halte, sehingga kami harus menyeberang jalan. Semua penyeberang jalan di Sinagpura sangat tertib, tidak akan menyeberang sebelum lampu hijau tanda boleh menyeberang menyala. Sebelum menyeberang tombol untuk menyalakan lampu hijau yang terletak di tiang lampu harus di tekan, sekitar 15 detik menuggu lampu hijau menyala, kendaraan semua berhenti, kami baru menyebarang. Ada pengalaman lucu saat itu, karena kami salah masuk ke Tiong Bahru Plaza, kami baru sadar setelah naik lift “Kok gak ada lantai 15 nya ya” tapi lift sudah terlanjur naik, akhirnya sampai lantai 5 kami turun kembali dan berbondong-bondong menuju Central Plaza yang ternyata berada di sebelah kiri Tiong Bahru Plaza.

Kantor TSAO Foundation terletak di lantai 15. Begitu pintu lift terbuka, kami bergantian masuk dan menuju lantai 15. Kantor itu sangat bersih dan tertata rapi. Resepsionis laki-laki bermata sipit, berkulit terang, berumur sekitar 60 tahun menyapa kami dengan ramah lalu mempersilahkan kami ke ruangan pertemuan yang sudah dipersiapkan. TSAO Foundation adalah organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk meningkatkan kualitas hidup usia lanjut dengan mengatasi kesulitan dimasa tua melalui pelayanan kesehatan masyarakat; mempromosikan keberhasilan di usia lanjut; dan pendekatan baru merintis untuk penuaan dan perawatan usia lanjut di seluruh wilayah Singapura. Selain itu juga bertujuan untuk menjadi katalisator untuk perubahan yang konstruktif dengan mengatasi penuaan dan isu perawatan usia lanjut di tingkat pengambil kebijakan. TSAO aktif melakukan misinya dengan memfokuskan kerja pada tiga pilar perawatan: Jasa, Pendidikan dan Kolaborasi.

PPSW saat ini tengah bekerjasama dengan Citi Foundation dan TSAO Foundation mengembangkan kegiatan di Indonesia, khususnya di wilayah dampingan PPSW dengan nama progarm “Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Pra-Lansia” , dalam hal ini PPSW akan dibantu oleh CAS-UI sebagai konsultan. Untuk itulah tim PPSW, bersama tim CAS-UI, pada tanggal 24-26 Februari 2011 melakukan studi tour ke Singapura, agar dapat melihat secara dekat semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh TSAO dalam melakukan pemberdayaan terhadap perempuan beranjak dewasa.

Ruang pertemuan yang kami tuju adalah ruangan Badan Pengurus sekaligus merangkap ruang rapat, ruang itu terletak di bagian depan lantai 15 yang 3/4 dinding bagian atasnya terbuat dari kaca. Dari dalam ruang kami bisa meliat gedung-gedung pencakar langit tinggi menjulang. Namun begitu masih banyak pepohonan dan ruangan hijau yang telihat. Pemerintah Singapura sejak tahun1986 sangat gencar melakukan penghijauan di seluruh wilayah. Menurut data di The Concierge Map Singapore, sampai 2007 pemerintah berhasil menambah wilayah hijau dari 35,7% menjadi 46,5% dengan 3.900 spesis timbuh-tumbuhan.

Kami takjub melihat keindahan Singapura, dibawah gedung aparteman dan perkantoran yang menjulang masih terlihat pepohonan yang rimbun dan kolam-kolam renang yang airnya terlihat biru dari atas. Bus dan mobil yang berseliweran di jalan raya dibawah terlihat kecil. Di ruang pertemuan sudah menuggu Mary Geronimo, Program Manager TSAO Foundation. Wanita paruh baya cantik yang berasal Philipina. Mary mempersilahkan seluruh tamu untuk duduk, saya sibuk memeprsiapkan tripod untuk kamera video dan membuka kamera SLR dari tasnya.

Dalam kunjungan ini saya bertugas sebagai dokumentator yang akan merekan semua proses dalam bentuk video dan gambar. Oleh sebab itu saya harus memastikan tidak akan ada momen penting yang terlewati. Setelah semua peserta duduk, Mary mengucapkan selamat datang di Singapura dan kantor TSAO dan menanyakan bagaiman perjalan kami dari Indonesia ke Singapura dan bagaimana tidur di hotel tadi malam. Tidak lama kemudian Suzana Concordo, Asisten Direktur TSAO masuk ke ruangan pertemuan mengucapkan selamat datang, kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan seluruh tim.

Inti pertemuan itu adalah penjelasan kegiatan TSAO, khususnya pendidikan keuangan untuk perempuan beranjak dewasa, melalui slide projector dan video. Setelah pertemuan berakhir, Suzzana mengajak kami tour keliling melihat-lihat kantor dan kegiatan TSAO, dimulai dari meninjau ruangan pelatihan Pendidikan Keuangan, yang saat itu sedang ada pelatihan untuk etnis China, yang diikuti oleh sekitar 25 peserta, seluruhnya perempuan berusia sekiatar 40-60 tahun. TSAO memang memisahkan kelas etnis China, Melayu dan Campuran (China, Melayu, India) karena kendala bahasa. Untuk kelas etnis China maka fasilitatornya juga China, begitu juga untuk kelas Melayu dan Campuran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun