Mohon tunggu...
Suhendri
Suhendri Mohon Tunggu... Akuntan - Karyawan Swasta

Saya adalah karyawan di sebuah lembaga zakat

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

KKN ITB Ahmad Dahlan Jakarta Dorong Vitanas Pemalang Rambah Jejaring Berbasis Digital

30 Januari 2025   23:18 Diperbarui: 30 Januari 2025   23:18 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Mahasiwa ITB Ahmad Dahlan Jakarta di Vitanas Pemalang (Sumber : Dokumen Pribadi)

Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Vitanas Pemalang. Program ini mempunyai tujuan untuk membantu Vitanas Pemalang dalam memperluas jejaring dalam memasarkan produk mereka  dengan memanfaatkan media digital. Vitanas Pemalang merupakan UMKM yang bergerak dibidang produksi minuman kemasan olahan nanas madu yang merupakan salah satu komoditas utama di kabupaten Pemalang.

Program yang dijalankan pada September - Desember 2024  ini difokuskan pada pembangunan insfrastruktur didital sebagai sarana marketing serta pelatihan digital marketing bagi karyawannya. Dalam pelatihan digital marketing, mahasiwa memberikan pemahaman tentang pentingnya pemasaran melalui platform digital dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan lainnya.

Proses Penggalian Informasi di Vitanas Pemalang oleh Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta ( Sumber : Dokumen Pribadi)
Proses Penggalian Informasi di Vitanas Pemalang oleh Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta ( Sumber : Dokumen Pribadi)

Selain pelatihan digital marketing, mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta juga memberikan pelatihan mengenai pembuatan konten promosi yang akan diunggah di platform digital. Para karyawan diajarkan cara membuat flyer dan video yang memuat produk untuk dipasarkan dengan lebih menarik. Selain itu, mereka juga diajarkan untuk menentukan descripsi yang sesuai dengan konten yang diunggah. Hal ini bertujuan agar konsumen dapat lebih mengerti tentang keunggulan produk dari Vitanas Pemalang dan menjadi tertarik untuk membelinya.

Pelaksanaan Pelatihan Digital Marketing Melalui Virtual Class (Sumber : Dokumen Pribadi)
Pelaksanaan Pelatihan Digital Marketing Melalui Virtual Class (Sumber : Dokumen Pribadi)

Sebagai upaya lebih lanjut, mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta juga membantu membuatkan platform e-commerce terkemuka Shopee untuk menambahkan jejaring pemasaran berbasis digital tesebut. Hal ini tentunya untuk memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian produk-produk Vitanas Pemalang.

Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta berharap dengan pelatihan-pelatihan tersebut, Vitanas Pemalang dapat mengembangkan jaringan bisnisnya dan menyusun strategi marketing yang lebih efektif serta dapat mengakses pasar yang lebih luas. Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta berkomitmen untuk mendampingi pengelolaan usaha  Vitanas agar terus berkembang di era digital. 

Penulis : Suhendri - ITB Ahmad Dahlan Jakarta


Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun