Assalamualaikum, Wr..Wb...
Salam sukses selalu untuk Bapak/Ibu Guru yang saat ini sedang sibuk dalam rangka mempersiapkan seluruh perangkat pembelajarannya. Saat ini kita sebagai guru wajib menyusun berbagai bentuk perangkat pembelajaran yang berbasis pada panduan kurikulum merdeka. Sebagai salah satu syarat minimal yang wajib bapak/ibu guru miliki dalam menyusun perangkat pembelajaran dalam kurikulum merdeka ada 6 jenis yaitu : Menyusun Asesmen Diagnostik, menyusun Modul Ajar, Menyusun CP dan ATP, Menyusun Sumber dan Bahan Ajar, Menyusun LKPD dan, Menyusun Instrumen Penilaian.
Nah, untuk kali ini kita akan membahas tentang Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) khusus untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) Fase B untuk Mata Pelajaran Matematika  dengan elemen Geometri. Contohnya terlampir ya....
silahkan download saja secara gratis....
Apa itu CP dan ATP?
Menurut Kemdikbud Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai murid di akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran untuk murid dapat mencapai Capaian Pembelajaran tersebut.
Apa manfaat dari penyusunan ATP?
- Alur Tujuan Pembelajaran menjadi panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase.
- Setiap poin dalam Alur Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
- Guru dapat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran masing-masing menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan anak-anak di kelas yang diampu.
- Pemerintah menyediakan beberapa contoh Alur Tujuan Pembelajaran yang bisa langsung digunakan atau dimodifikasi, dan membuat panduan untuk penyusunan perangkat ajar.
Nah, sekarang kita spesifikkan lagi pokok bahasan kita...bagaimana dengan CP/ATP untuk Fase B khusus bagi peserta didik penyandang Tunagrahita?
Secara umum CP Diksus Fase B (Usia Mental 8 Tahun dan Umumnya Kelas III dan Kelas IV). Dengan rincian Capaian Pembelajaran per indicator nya Pada akhir Fase B sebagai berikut :
- menunjukkan dan menggunakan mata uang rupiah,
- menuliskan kesetaraan nilai uang Rp500,00 sampai Rp20.000,00.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi berat--ringan benda dengan menggunakan benda konkret,
- mengurutkan benda dari berat ke ringan atau sebaliknya,
- mengenal waktu berupa hari, tanggal dan bulan.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi benda-benda bangun datar,
- menggambar bangun datar dengan mengikuti pola,
- mengilustrasikan gambar bangun datar dengan gerakan.
- Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan banyak-sedikit, dengan benda konkret maksimal 20 benda.