Kondisi Latar Belakang Masalah
Model pembelajaran yang guru gunakan saat pembelajaran tentu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik. Selama ini, model pembelajaran yang dilakukan oleh penulis masih sangat monoton dan hanya berpusat pada guru. Penulis memberikan materi lalu peserta didik mendengarkan.
Model pembelajaran yang tidak bervariasi ini disebabkan karena penulis belum menguasai model pembelajaran yang mampu membantu peserta didik untuk :
mengaktifkan background knowledge peserta didik
menggunakan strategi yang tepat
menguasai kosa kata bahasa Inggris
menangkap ide utama dengan efektif
memahami isi teks dengan mudah.
Hingga peserta didik mampu menulis teks deskriptif sederhana
Hal ini tentu menjadi akar penyebab kesulitan peserta didik dalam pemahaman teks bahasa Inggris. Selain itu, ketika membuat RPP, guru belum melakukan perencanaan matang dan memperhatikan karakter serta kebutuhan peserta didik.
Tantangan Penulis
Dalam mencapai tujuan tersebut diatas, beberapa tantangan yang dihadapi antara lain :