Mohon tunggu...
SUGIYANTO SUGIYANTO
SUGIYANTO SUGIYANTO Mohon Tunggu... Guru - Guru Ahli Teknik Otomotif

Saya merupakan guru Teknik otomotif di SMK

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi kontekstual modul 1.2 Sugiyanto

12 September 2023   20:52 Diperbarui: 12 September 2023   20:58 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah 3 tahun dari saya lulus pendidikan guru penggerak angkatan 9 dan telah resmi menerima sertifikatnya, maka InsyaAlloh saya akan menerapkan atas semua ilmu -- ilmu yang saya peroleh pada pendidikan tersebut di satuan pendidikan tempat saya bertugas dan komunitas MGMP Teknik Otomotif di Kabupaten maupun Provinsi. Seperti kita ketahui bersama, bahwasanya nilai -- nilai yang terdapat pada guru penggerak yaitu : Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, inovatif serta berpihak pada peserta didik. Dari kelima nilai -- nilai tersebut saya akan berusaha untuk membentuk dan menjadinya sebuah program yang akan dilaksanakan secara berkala.

  • Pengembangan Diri
  • Saya dalam satu tahun sekali akan mengikuti dan mendaftar kegiatan -- kegiatan pengembangan diri baik dalam ranah kurikulum maupun upskilling dan resklling di progam keahlian teknik otomotif, baik yang diselenggarakan oleh BBPPMPV BMTI maupun Disdikbud Prov. Lampung. Selain itu saya juga akan mengikuti magang guru pada dunia indutri di saat sekolah sedang libur semester. Guru penggerak harus mampu untuk mendorong dirinya sendiri dan berkembang tanpa harus menunggu perintah dari kepala sekolah. Sehingga dalam 3 tahun terakhir saya akan memiliki kemampuan yang terus maju dan update terhadap kemajuan teknologi khususnya di bidang teknik otomotif.

  • Aktif di kepengurusan MGMP Teknik Otomotif Kabupaten
  • Saat ini saya di kepengurusan MGMP Kabupaten Way Kanan diberi amanah menjadi ketua bidang pengembangan, dari forum MGMP inilah saya akan tetap aktif dan lebih bersemangat lagi dalam mengadakan workhsop dan kegiatan -- kegiatan positif dalam hal menebar kebaikan bagi sesama guru produktif Teknik Otomotif. Satu hal yang menjadi tantangan bersama saat ini adalah dengan adanya peralihan energi pada moda transportasi yang dari semula berbahan bakar kini telah dikonversi menjadi elektrik. Kemudian membahas isu -- isu yang sedang berkembang seperti rangka esaf yang saat ini menjadi perbincangan hangat di dunia sepeda motor.

  • Melakukan Refleksi di akhir materi
  • Hal ini akan rutin saya lakukan agar menjadi bahan utama dalam proses perbaikan pembelajaran kemudian akan dikatikan dengan pengetahuan sebelumnya dan konkrit dengan dunia nyata yang ada disekitar kita atau dalam kehidupan sehari- hari.



  • Guru mendengar
  • Ini termasuk menjadi program yang akan saya jalankan, dengan mendengar harapan peserta didik maka sang guru akan mengetahui hal -- hal yang menjadi penghambat peserta didik dalam belajar dan terganggu dalam proses transfer ilmu pengetahuan. Dari program ini maka nilai guru penggerak yang berpihak pada murid bisa terwujd. Membayangkan posisi kita ketika kita para guru saat menjadi murid, respek terhadap  murid, tidak didasarkan pada rasa suka atau tidak suka murid maupun guru. Guru bisa juga menciptakan lingkungan belajar yang asyik, aman, nyaman dan menyenangkan serta memperhatikan kepentingan murid dan mampu mengembangkan potensinya.

  • Contest Club
  • Program ini sebenarnya sudah saya mulai dan lakukan, hanya saat ini tengah berfokus kepada persiapan untuk lomba dan event -- event kontes, kedepan dari club ini akan dijadikan sebagai wahana pada saya dan murid -- murid saya untuk berkreasi dan inovatif dalam pendidikan dan kewirausahaan teknik otomotif. Selain itu saya juga akan berinovasi dalam hal pengajaran dikelas menggunakan berbagai sumber media online dan aplikasi guna memaksimalkan pembelajaran dan kemudahan para murid dalam menerima ilmu.

  • Itulah beberapa program yang saya sedang dan akan lakukan ketika telah menjadi guru penggerak dalam 3 tahun kedepan. Semoga niat dan harapan tersebut bisa terwujud tanpa ada halangan dan rintangan yang berarti.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun